Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penangan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa data kasus meninggal akibat virus corona jenis baru di provinsi itu bertambah satu orang sehingga total menjadi 48 orang per 20 September 2020.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sultra La Ode Rabiul Awal di Kendari, Ahad, mengatakan pasien yang meninggal tersebut berasal dari Kabupaten Kolaka dan berjenis kelamin laki-laki.

"Hari ini kembali ada satu kasus meninggal COVID-19, laki-laki 53 tahun asal Kabupaten Kolaka," kata Rabiul.

Selain terjadi penambahan kasus meninggal, Rabiul juga menyampaikan bahwa hari ini Sultra juga ada penambahan 72 kasus positif baru sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 menjadi 2.187 orang.

Baca juga: Sultra catat pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 1.372 orang

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sultra bertambah jadi 1.365 orang


Rincian kasus positif baru hari ini masing-masing satu orang dari Kabupaten Konawe dan Konawe Utara. Kemudian masing-masing dua orang dari Buton Tengah, Buton Utara, dan Konawe Selatan. Masing-masing lima orang dari Konawe Kepulauan, Kolaka Utara, di Baubau 18 orang dan Kendari 38 orang.

"Hari ini tidak ada pasien sembuh dari COVID-19. Pasien sembuh tetap sebanyak 1.372 orang," tutur Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra itu.

Sebaran 48 kasus meninggal COVID-19 di Sultra, yakni di Kota Kendari 19 orang, Kabupaten Muna tiga orang, Buton empat orang, Kolaka Utara dua orang, Buton Selatan satu orang, Kabupaten Konawe Selatan dua orang, Konawe dua orang, Kota Baubau 11 orang, Buton Utara satu orang dan Kolaka jadi tiga orang.

"Sementara, pasien COVID-19 yang tengah menjalani perawatan isolasi maupun karantina di Sulawesi Tenggara juga bertambah menjadi 767 orang," ujar Wayong.

Ia pun mengimbau seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas kebiasaan baru, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, sehingga bisa mencegah dan menekan angka kasus COVID-19 di provinsi itu.*

Baca juga: 1.350 pasien COVID-19 di Sultra dinyatakan sembuh

Baca juga: Sultra catat pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 1.339 orang

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020