Brasilia (ANTARA News/AFP) - Brasil pada Rabu meluncurkan mata uang kertas (banknotes) baru dari mata uangnya, real, yang akan masuk ke dalam peredaran mulai 2012 dengan tujuan mencegah meningkatnya pembuatan uang palsu semakin canggih.

"Tujuannya adalah uang ini akan lebih aman, dan akan dapat beredar dengan keamanan dan membuatlebih sulit dipalsukan. Kami mengeluarkan uang kertas generasi terakhir kompatibel dengan paling modern di peredaran dunia, seperti Euro dan dolar AS yang baru," kata Menteri Keuangan Guido Mantega.

"Kami harus siap untuk real menjadi sebuah mata uang dalam aliran internasional. Sudah ada permintaan untuk digunakan di luar negeri. Itu mengapa uang kertas yang sulit dipalsukan diperlukan," ia menambahkan dalam sebuah jumpa pers.

Real baru memiliki fitur gambar yang sama seperti huruf yang sekarang: wajah seorang ideal representasi Republik Brasil dengan contoh-contoh dari fauna eksotik negara itu, dalam warna-warna cerah.

Awalnya, uang baru dan yang lama akan diterima oleh pedagang.

Real terbentuk pada 1994, sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk mengatur ulang kriteria moneter setelah bertahun-tahun hiperinflasi yang sekarang sudah dicap keluar. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010