Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (11/9) kemarin, mulai dari pemerintah yang menargetkan pertumbuhan ekonomi lima persen pada 2021 mendatang, hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang bangkit setelah anjlok sehari sebelumnya akibat pemberlakuan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemerintah targetkan pertumbuhan ekonomi di RAPBN 2021 jadi 5 persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN 2021 yang semula ditargetkan berada di level antara 4,5 persen hingga 5,5 persen kini menjadi 5 persen.

“Pertumbuhan ekonomi dari 4,5 persen hingga 5,5 persen tahun 2021 telah ditetapkan titiknya adalah 5 persen,” katanya dalam Raker bersama Banggar DPR RI di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


2. Gubernur BI: Tantangan inflasi tahun depan lebih berat

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengakui tantangan inflasi tahun 2021 diperkirakan lebih berat sesuai dengan asumsi dasar ekonomi makro yang mematok inflasi sebesar tiga persen.

“Inflasi tiga persen meskipun memang tantangan inflasi tahun depan lebih berat,” kata Perry Warjiyo dalam rapat kerja virtual membahas postur sementara Rancangan APBN 2021 bersama pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


3. AP II terbitkan ketentuan di bandara selama PSBB

PT Angkasa Pura II menerbitkan ketentuan di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang berlaku mulai 14 September 2020.

Direktur Operasi dan Layanan PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan saat ini operasional kedua bandara merujuk ke regulasi-regulasi yang sejalan dengan PSBB.

Baca selengkapnya di sini


4. Luhut: Pemerintah akan tertibkan kapal asing yang masuk Labuan Bajo

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menertibkan kapal wisata asing yang beroperasi di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Jumlah kapalnya ada sekitar 500, sekarang harus diawasi. Jangan sampai dia (kapal) tinggal di situ, tapi tidak membayar dan mengikuti aturan pemerintah daerah," katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


5. IHSG akhir pekan kembali menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat, akhir pekan ini kembali menguat setelah sehari sebelumnya anjlok akibat rencana penerapan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai 14 September 2020.

IHSG ditutup menguat 125,25 poin atau 2,56 persen ke posisi 5.016,71. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 22,2 poin atau 2,94 persen menjadi 778,32.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020