Semarang (ANTARA News) - Seorang nasabah Bank Danamon Semarang, Bobby Cahyadi (32), menjadi korban pembobolan rekening hingga menderita kerugian sebesar Rp3 juta.

Saat melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Markas Kepolisian Wilayah Kota Besar Semarang, Kamis, korban yang beralamat di Jalan Erowati IV/17 RT 4 RW 3 Kelurahan Bulu Lor, Semarang Utara, mengatakan, hal tersebut diketahui pada Selasa (26/1).

Ketika itu ia hendak mengambil uang melalui anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Danamon di kawasan Bangkong Semarang.

"Saya terkejut ketika melihat jumlah rekening di tabungan yang berkurang sebesar Rp3 juta, sedangkan selama ini saya tidak merasa melakukan penarikan uang sebanyak itu," katanya.

Menurut dia, jumlah rekening tabungan miliknya terakhir kali diketahui sebesar Rp6 juta.

Mengetahui hal tersebut, korban mengurungkan niatnya mengambil uang melalui ATM dan bergegas menuju kantor Bank Danamon di Jalan Pemuda Semarang untuk melaporkan kejadian tersebut.

Saat itu, korban diterima seorang petugas bank yang kemudian melakukan pengecekan terhadap rekening tabungan yang bersangkutan dan melaporkan hal tersebut ke kantor pusat Bank Danamon di Jakarta.

"Saya diminta menunggu dua hari karena pihak bank akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu mengenai ada tidaknya penarikan uang sebanyak Rp3 juta itu," ujarnya.

Setelah ditunggu selama dua hari, pihak Bank Danamon tidak memberi kabar mengenai pembobolan rekening korban sehingga yang bersangkutan melaporkan ke Mapolwiltabes Semarang untuk mengetahui sejumlah uang miliknya yang hilang.

Dihadapan polisi, korban menunjukkan bukti satu lembar keterangan mutasi harian miliknya yang diketahui pada Senin (18/1) telah terjadi penarikan uang sebesar Rp3 juta namun untuk lokasi dan untuk apa transaksinya tidak diketahui.

"Pada lembar mutasi harian semua transaksi lain tertulis lokasi dan jenis transaksi, namun pada transaksi tanggal 18 Januari 2010 hanya tertulis `XXXXX`," katanya.

Korban menduga pembobolan rekening tabungan miliknya tersebut ada kaitannya dengan beberapa kasus pembobolan rekening yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Saat ini, kasus pembobolan rekening nasabah Bank Danamon ditangani oleh petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polwiltabes Semarang untuk penyelidikan lebih lanjut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010