Jakarta (ANTARA) - Layanan uang elektronik dari Gojek, GoPay, mengajak pengguna untuk mengaktifkan fitur biometrik berupa sidik jari dan verifikasi wajah guna memverifikasi transaksi non-tunai di luar layanan Gojek.

Fitur ini merupakan bagian dari Gojek SHIELD, rangkaian teknologi keamanan pada aplikasi Gojek.

"GoPay berkomitmen terus menjadi layanan uang elektronik yang aman dan nyaman untuk pengguna," ujar Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Baca juga: LINE tambah GoPay untuk pembayaran stiker

Baca juga: Bayar SPP sekarang sudah bisa pakai GoPay


"Selain PIN, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur yang memanfaatkan identitas biometrik atau karakteristik fisiologis unik masing-masing pengguna berupa sidik jari atau wajah untuk meningkatkan keamanan transaksi," Budi melanjutkan.

Melengkapi proteksi, GoPay menghadirkan proteksi ekstra "Jaminan Saldo GoPay Kembali" yang menjamin kehilangan saldo GoPay yang terjadi di luar kendali pengguna.

"Kami berharap seluruh pengguna akan memanfaatkan seluruh fitur keamanan ini agar dapat bertransaksi dengan GoPay secara lebih maksimal," Budi menambahkan.

Selain fitur biometrik dan PIN, Gojek SHIELD juga mencakup berbagai teknologi yang menjaga keamanan pada platform Gojek, termasuk salah satunya penerapan fitur keamanan berbasis kecerdasan buatan untuk mencegah peretasan dan penyalahgunaan akun pengguna.

Saat ini fitur sidik jari telah tersedia di seluruh pengguna smartphone Android dan iOS, dan fitur verifikasi wajah mulai tersedia di platform iOS.
 
Cara mengaktifkan fitur ID sidik jari Gopay pada perangkat iOS (ANTARA/Arindra Meodia)


Dari pantauan Antara, menggunakan perangkat iOS, untuk mengaktifkan fitur tersebut pengguna dapat melakukannya langsung pada halaman Gopay dalam menu Pengaturan.Di sana terdapat opsi untuk mengaktifkan Touch ID.

Selanjutnya, pengguna dapat menempelkan jari di sensor untuk memverifikasi sidik jari. Kemudian, memasukkan enam digit PIN, dan selesai. Nantinya, saat pengguna melakukan pembayaran fitur ini diperlukan untuk memverifikasi transaksi.

Baca juga: Berlangganan Spotify Premium kini bisa pakai GoPay

Baca juga: UMKM tetap percaya diri di tengah pandemi dengan GoPay

Baca juga: GoPay targetkan kenaikan transaksi lewat QRIS

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020