Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora dari berbagai daerah di Indonesia menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan terakhir mulai dari kebakaran laboratorium Universitas Diponegoro di Semarang hingga peningkatan teknologi dua pesawat tempur F-16 yang kembali mengudara.

1. Laboratorium milik Undip Semarang terbakar

Kebakaran terjadi di salah satu laboratorium di kompleks kampus Universitas Diponegoro (Undip) di Tembalang, Kota Semarang, Kamis siang (27/8).

"Sudah langsung bisa dipadamkan oleh petugas keamanan kampus bersama pemadam kebakaran. Satu mahasiswa terluka," kata kepala Polsek Tembalang Komisaris Polisi Masud saat dikonfirmasi.

2. DIY tutup Posko Dukungan Operasi Satgas COVID-19

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menutup Posko Dukungan Operasi Gugus Tugas COVID-19 yang telah berperan mendukung penanganan kasus COVID-19 di provinsi itu, termasuk evakuasi dan pemakaman jenazah sejak Maret 2020.

"Posko Dukungan Operasi Satuan Tugas COVID-19 terdiri atas Tim Reaksi Cepat BPBD DIY yang didukung para relawan," kata Wakil Ketua Sekretariat Satuan Tugas Penanganan COVID-19 DIY Biwara Yuswantana di Yogyakarta, Selasa (25/8).

3. Dua F-16 program Falcon Star eMLU kembali mengudara

Kementerian Pertahanan menyerahkan dua unit pesawat tempur F-16 yang telah menjalani program peningkatan teknologi, kepada TNI Angkatan Udara, di Pangkalan Udara Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur, Jumat (28/8).

Dengan penambahan sejumlah teknologi canggih di dalamnya, yaitu program Falcon Star eMLU, dua F-16 itu kini memiliki kemampuan khusus baik dalam kekuatan struktur maupun peperangan.

4. Telkomsel bantu pelajar Sumsel paket kuota internet gratis

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel membantu puluhan ribu pelajar di Sumatera Selatan dengan memberikan paket kuota internet gratis dalam program Merdeka Belajar Jarak Jauh yang diluncurkan di Palembang, Rabu (26/8).

"Melalui program ini, ada puluhan ribu pelajar di Sumsel yang bisa memanfaat kuota internet gratis. Program ini diharapkan menjadi solusi pemerataan akses pendidikan jarak jauh, terutama bagi masyarakat tak mampu," kata Wakil Presiden Eksekutif Telkomsel Wilayah Barat Gilang Prasetya.

5. Melancong ke Taman Wisata Alam Punti Kayu

Libur panjang pergantian Tahun Baru Islam 1442 H banyak dimanfaatkan warga dengan mengunjungi berbagai objek wisata bersama keluarga, salah satunya Taman Wisata Hutan Punti Kayu di Kota Palembang Sumatera Selatan.

Meskipun harus beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru, hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berwisata bersama keluarga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menikmati liburan walau masih di tengah pandemi COVID-19. 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2020