Semuanya dinyatakan sembuh
Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule mengatakan bahwa sebanyak lima kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau atau sudah bebas dari COVID-19 karena semua pasien kasusnya dinyatakan sembuh.

Ia menjelaskan di Jayapura, Jumat, bahwa lima kabupaten itu yakni Kabupaten Sarmi ada tujuh kasus COVID-19, semuanya dinyatakan sembuh. Lalu, tujuh pasien positif  tercatat di Kabupaten Supiori namun telah menjalani perawatan dan semuanya dinyatakan sembuh.

Kemudian, di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) tiga orang yang positif COVID-19, dan setelah menjalani perawatan akhirnya tiga orang itu sembuh.

Kabupaten Waropen, satu orang yang dinyatakan terpapar COVID-19 namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan dan pengobatan. Sedangkan di Kabupaten Puncak Jaya, juga satu orang pasien COVID-19 namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan.

Ia menjelaskan sejak 17 Maret hingga 27 Agustus pihaknya mencatat ada sebanyak 3.089 pasienCOVID-19. Jumlah itu tersebar di 28 kabupaten dan satu kota yang ada di provinsi tersebut.

Dia merinci pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh di Kota Jayapura setelah menjalani perawatan 1.842 orang dari 2.068 kasus. Kabupaten Mimika, pasien sembuh 630 orang dari 712 kasus corona.

Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Jayapura yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan sebanyak 264 orang dari 307 kasus. Kabupaten Biak Numfor pasien corona sembuh 95 orang dari 132 kasus. Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Nabire 36 orang dari 75 kasus.

Di Kabupaten Keerom 62 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dari 67 kasus. Kabupaten Jayawijaya, pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan 56 orang dari 60 kasus corona. Kabupaten Merauke, 26 pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dari 61 kasus.

Kabupaten Lanny Jaya, tujuh orang yang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan, dari 27 kasus corona. Pasien terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dinyatakan sembuh 23 orang dari 26 kasus corona. Di Kabupaten Tolikara, empat orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh dari 24 kasus.

Kemudian, Kabupaten Yalimo, tiga orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dari 15 kasus. Kabupaten Pegunungan Bintang, lima orang pasien  dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, dari delapan kasus.

Sebelumnya, enam kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau/bebas dari penyebaran corona yakni Kabupaten Boven Digoel, Sarmi, Supiori, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya.

Berdasarkan data infografis perkembangan COVID-19 di Provinsi Papua, total pasien sembuh dari corona di seluruh kabupaten/kota di provinsi tertimur ini, sebanyak 3.089 orang. Dari jumlah itu, 489 orang di antaranya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Pasien meninggal di Papua akibat terpapar corona 42 orang, sedangkan yang sudah kontak erat dengan keluarga yang terpapar corona 1.859 orang, kasus suspek 922 kasus, probabel 24 orang, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit 45 orang, demikian Silwanus Sumule.

Baca juga: Pemprov: ASN Papua terpapar COVID bukan dari lingkungan kantor

Baca juga: Disdik Papua minta sekolah jangan dibuka jika tidak punya masker

Baca juga: Jayawijaya sarankan Yalimo cegah COVID-19 via jalan Trans Papua

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020