Pembukaan kembali kawasan Walkot Farm 4.0 akan mengacu pada keputusan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menutup sementara waktu Walkot Farm 4.0 untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, Kamis

Di depan taman, terpasang spanduk penutupan dengan garis larangan masuk berwarna kuning hitam.

"Kita antisipasi lah, kalau memang perlu ada antisipasi COVID-19 kita usahakan lebih baik lagi," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Jakarta Barat Fredi Setiawan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pengunjung TMII belum ramai

Namun tidak hanya untuk antisipasi COVID-19, penutupan sementara kawasan tersebut untuk pembenahan kawasan Walkot Farm 4.0 yang rusak sehubungan membeludaknya pengunjung saat akhir pekan.

Fredi mengungkapkan kawasan Walkot Farm 4.0 perlu pembenahan untuk rumput-rumput dan tanaman yang mati akibat terinjak pengunjung, serta fasilitas rumah pohon.

"Takutnya ngebahayain, kemarin rumah pohon itu kan juga banyak pengunjungnya. Sementara kapasitas rumah pohon kan juga terbatas, kita cek lah pondasi-pondasinya," ujar Fredi.

Baca juga: Jakpus tunda revitalisasi tiga taman akibat COVID-19

Fredi mengatakan selama masa pembenahan Walkot Farm 4.0, pihaknya menyosialisasikan penutupan kawasan kepada masyarakat dengan menyiagakan personel Satpol PP dan Pamdal Walikota.

Pembukaan kembali kawasan Walkot Farm 4.0 akan mengacu pada keputusan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi.

"Kita mau rapihin dulu, setelah rapi kita lapor pak Wali, nanti kita buka lagi. Setelah rapi, nanti kita evaluasi apa udah cukup, memadai," ujar Fredi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan kegiatan sosial ekonomi secara bertahap pada masa transisi I PSBB dengan protokol kesehatan yang ketat pada Juni 2020.

Baca juga: Aktivis Jakarta sarankan lahan perluasan Ancol jadi pantai publik

Kegiatan sosial ekonomi yang dibuka secara bertahap diantaranya, tempat atau kegiatan ibadah di rumah ibadah, perkantoran, perindustrian, pusat perbelanjaan, hingga taman.

Terkait kelonggaran tersebut, Pemkot Jakarta Barat membuat sejumlah aturan terkait dengan penerapan protokol kesehatan di Taman Walkot Farm 4.0. Aturan itu meliputi, akses keluar masuk, batas usia, memakai masker, mencuci tangan, dan sebagainya.

Dibukanya kegiatan sosial ekonomi tentunya dimanfaatkan masyarakat, termasuk taman Walkot Farm 4.0. Mereka memanfaatkan sarana publik itu sebagai sarana edukasi, bermain, dan sebagainya

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020