Khawatir virus, paru-paru Gajah Taman Safari Bogor diperiksa

Khawatir virus, paru-paru Gajah Taman Safari Bogor diperiksa

Gajah betina menjalani pemeriksaan kesehatan paru-paru dengan cara trunk wash di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-TSI Bogor)

Cisarua, Bogor (ANTARA) - Lantaran khawatir terinfeksi virus dan bakteri, seekor gajah sumatera yang menjadi koleksi Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Jawa Barat menjalani pemeriksaan kesehatan di bagian paru-paru dengan cara trunk wash.

"Kegiatan ini dilakukan sebelum pandemi COVID-19, TSI telah rutin melakukan cek kesehatan terhadap paru-paru gajah. Bukan hanya itu saja, tim dokter TSI rutin memeriksa kesehatan semua gajah sumatera," ungkap dokter TSI Bogor, drh Yohana, usai memeriksa kesehatan gajah betina bernama Cicih yang berusia 12 tahun itu di Bogor, Kamis.

Pemeriksaan paru-paru gajah itu dianggap sebagai tes usap ala gajah, bertepatan dengan Hari Gajah Sedunia yang jatuh pada 12 Agustus 2020. Pasalnya, peringatan Hari Gajah tersebut dirayakan oleh TSI Bogor dalam berbagai kegiatan mulai 15 hingga 23 Agustus 2020.

Salah satu kegiatan peringatan Hari Gajah Sedunia di TSI yaitu "talkshow" bertemakan gajah, sehingga para pengunjung dapat menanyakan terkait dengan kegiatan konservasi gajah yang dilakukan oleh TSI Bogor maupun pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar gajah.

Baca juga: Diberi nama Covid, gajah lahir di tengah pandemi di Puncak Bogor

Direktur Taman Safari Jansen Manansang mengaku sudah menyelami ilmu seputar gajah sejak lama.

Pasalnya, ia sempat terlibat kegiatan Operasi Ganesha di Sumatera pada 1982, yakni konflik antara gajah dengan manusia.

"Taman Safari berharap, dengan diadakannya peringatan Hari Gajah Sedunia ini, masyarakat dapat lebih mencintai mamalia besar ini sejak dini," kata dia.

Baca juga: Taman Safari Prigen Pasuruan tambah koleksi gajah sumatera
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020