Dengan adanya hari libur yang berdekatan ini, minat masyarakat untuk naik kereta api terus tumbuh dari hari ke hari,
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia menambah perjalanan kereta api sepanjang libur panjang akhir pekan pada 19-23 Agustus 2020 untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan kereta api.

"KAI menambah perjalanan kereta api dalam rangka menyambut libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama akhir pekan ini," ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Adapun KA yang ditambahkan pada akhir pekan ini diantaranya KA Gajayana (Gambir - Malang pp), Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), Jaka Tingkir (Pasar Senen - Purwosari pp), Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp), Harina (Bandung - Surabaya Pasarturi pp), Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp) dan berbagai KA dengan tujuan kota-kota lainnya.

Ia meminta calon penumpang mengecek jadwal selengkapnya dan pesan tiket mulai H-7 di aplikasi KAI Access, laman resmi KAI, dan seluruh kanal penjualan resmi tiket KAI lainnya. Pemesanan pada loket di stasiun hanya dilayani tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Pada perjalanan 19-23 Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperasikan 260 KA per hari, atau naik 21 persen dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 215 KA per hari.

Khusus perjalanan KA Jarak Jauh, jumlahnya mencapai rata-rata 88 KA Jarak Jauh per hari pada periode tersebut. Naik 49 persen dari periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu rata-rata 59 KA Jarak Jauh per hari.

"Dengan adanya hari libur yang berdekatan ini, minat masyarakat untuk naik kereta api terus tumbuh dari hari ke hari," ujar Joni.

Terlihat pada periode libur HUT RI pekan lalu, volume pelanggan pada keberangkatan 14-17 Agustus 2020 mencapai 266.424 pelanggan. Jumlah tersebut naik 29 persen dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu sebanyak 207.297 pelanggan.

Lebih rinci, kenaikan pada KA Jarak Jauh sebesar 45 persen dari 59.436 pelanggan menjadi 85.983 pelanggan. Sedangkan untuk KA Lokal naik 22 persen dari 147.861 pelanggan menjadi 180.441 pelanggan.

"KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan rutin menyosialisasikan Gerakan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak kepada pelanggan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pelanggan pada perjalanan kereta api," kata Joni.

Baca juga: Bank Mandiri-KAI terbitkan Kartu Commuter Pay, ada edisi HUT RI ke-75
Baca juga: Jelang HUT RI, KAI bagikan tiket gratis KA Argo Parahyangan
Baca juga: Penumpang naik 37 persen pada Agustus, KAI kampanyekan gerakan 3M


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020