Tujuh kecamatan di Pasuruan alami kekeringan

Tujuh kecamatan di Pasuruan alami kekeringan

Bantuan air bersih kepada wilayah kekeringan di Pasuruan, Jawa Timur. (ANTARA/BPBD Pasuruan/IS)

Pasuruan (ANTARA) - Sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengalami kekeringan sehingga membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menyalurkan bantuan air bersih melalui mobil tangki.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Tectona Jati di Pasuruan, Selasa mengatakan, tujuh kecamatan itu masing-masing Kecamatan Lumbang, Winongan, Pasrepan, Lekok, Gempol, Grati dan Kejayan.

"Kalau jumlah kepala keluarga yang terdampak kami masih belum mendata pasti. Namun yang jelas terdapat 21 desa yang tersebar di tujuh kecamatan itu," katanya.

Ia mengatakan, terkait dengan kejadian kekeringan itu pihaknya melakukan beberapa langkah seperti melaksanakan distribusi air bersih dengan menggunakan APBD Kabupaten Pasuruan.

Baca juga: Pemprov Jatim sebut kekeringan tak pengaruhi produktivitas padi

Baca juga: BNPB: Sejumlah wilayah di tiga provinsi mulai kekeringan


"Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait dengan bantuan air bersih yang saat ini masih belum tercover oleh APBD Kabupaten Pasuruan," urainya.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga mendorong kepada pihak swasta melalui dana corporate social responsibility (CSR) untuk membantu air bersih ke desa yang mengalami kekeringan.

"Pengiriman bantuan air bersih tidak hanya dilakukan pada pagi dan siang hari, karena pada malam hari kami juga melakukan pengiriman distribusi air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan," ujarnya.

Baca juga: Desa-desa di Pasuruan dilanda kekeringan

Baca juga: Empat kecamatan di Kabupaten Malang alami kekeringan
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020