Jakarta (ANTARA) - Astra Property, anak perusahaan PT Astra International Tbk, menginginkan agar tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area Resta Pendopo KM 456 yang berlokasi di Tol Semarang-Solo dapat menjadi barometer baru bagi konsep bisnis TIP di jalan tol.

"Resta Pendopo KM 456 menjadi sebuah barometer baru untuk konsep bisnis dan pelayanan rest area sebagai destinasi transit yang dibangun dengan konsep modern meets traditional," ujar Head of Asset Management and Corporate Communications Astra Property, Demmy Indranugroho dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, Resta Pendopo itu sudah beroperasi sejak Februari 2020 kemarin, sedangkan Resta Pendopo KM 456 Site B (ruas tol Solo-Semarang) mulai beroperasi pada Agustus.

Resta Pendopo KM 456 tidak hanya sebagai tempat peristirahatan, tetapi juga berusaha memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mushola, masjid dengan arsitektur yang ikonik, amphitheater semi-outdoor,foodcourt dengan pembayaran nontunai, ruang sanitari, beragam gerai restoran dan area bersantai luar ruangan. Di bulan ini pula, resmi dibuka galeri oleh-oleh khas Jawa Tengah, yakni RESTA SAE, di area jembatan Resta Pendopo KM 456.

"Kehadiran Resta Pendopo KM 456 ini juga bertujuan untuk membangun ekosistem kuliner Jawa Tengah dengan merangkul UMKM dari kota Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo serta kabupaten lainnya di area sekitar tol," katanya.

Dia mengatakan bahwa beragam kuliner lokal khas Jawa Tengah yang dihadirkan di rest area jalan Tol Semarang-Solo tersebut telah melalui proses kurasi.

Resta Pendopo KM 456 merupakan sebuah destinasi transit di ruas jalan Tol Semarang-Solo, resmi beroperasi di kedua sisi yakni Site A dan Site B pada bulan Agustus 2020.

Dibangun dan dikelola oleh PT Astari Marga Sarana, perusahaan ventura bersama antara PT Astra Astari Sejahtera (AAS) dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT), Resta Pendopo KM 456 merupakan destinasi transit yang dibagun di kedua sisi ruas jalan Tol Semarang –Solodan dihubungkan dengan jembatan.

Menurut dia, meski dengan berbagai promosi dan aktivitas, Resta Pendopo KM 456 senantiasa menjaga keselamatan, kesehatan dan kenyamanan pengunjung dengan selalu menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Beberapa penerapan yang dilakukan oleh Resta Pendopo KM 456 yaitu, pengunjung wajib mengunakan masker, menjaga jarak aman di meja restaurant dan food court area, serta membatasi kapasitas parkir kendaraan dari jumlah biasanya.

Baca juga: Astra Infra luncurkan kampanye bulan integritas TIP jalan tol

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2020