Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Paristiyanti Nurwardani menyebut terdapat 1.300 penelitian dilakukan sejumlah perguruan tinggi selama pandemi COVID-19.

"Hingga saat ini, terdapat 1.300 penelitian mengenai COVID-19. Paling banyak penelitian yang berhubungan dengan tes usap, harmonisasi alat, maupun ventilator," ujar Paristiyanti di Jakarta, Senin.

Penelitian tersebut dilakukan sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kemendikbud mengumpulkan penelitian tersebut dan disusun dalam sebuah buku.

Baca juga: Menristek pastikan penelitian vaksin COVID-19 dilakukan simultan

"Besok, kami akan melakukan bedah buku penelitian terkait hasil inovasi yang berhubungan dengan penanganan COVID-19," jelas dia.

Paristiyanti menambahkan Ditjen Dikti menggelontorkan anggaran sebesar Rp405 miliar yang diperuntukkan untuk penanganan COVID-19, yang terdiri dari mahasiswa relawan COVID-19, peningkatan kualitas dan kapasitas rumah sakit pendidikan dan fakultas kedokteran, fasilitas alat pelindung diri, reagen dan alat deteksi COVID-19 dengan RT PCR, dan pengembangan dan modifikasi produk inovasi untuk pengendalian COVID-19.

"Anggaran itu terbagi menjadi Rp199 miliar untuk pengadaan di pusat dan Rp205 miliar untuk dana realokasi ke PTN," jelas dia.

Baca juga: Apa kabar penelitian obat herbal untuk COVID-19?

Untuk alokasi anggaran di pusat bertujuan untuk pengadaan APD, PCR dan reagen untuk PTN sebesar R145 miliar. Sedangkan sisanya, untuk pembayaran honor relawan mulai Desember dan Januari.

Kemendikbud melalui Ditjen Dikti juga memberikan sebanyak 22 alat PCR yang digunakan untuk tes usap di sejumlah rumah sakit pendidikan dan fakultas kedokteran, sehingga bisa memeriksa sebanyak 11.000 spesimen setiap harinya.

"Kami menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para pemangku kepentingan dan juga para relawan yang telah bahu-membahu dalam penanganan COVID-19," imbuh dia.***3***

Baca juga: Komisi IX DPR dorong penelitian vaksin COVID-19
Baca juga: LIPI: Metode digital jadi alternatif terbaik dukung riset saat pandemi
Baca juga: Penelitian genotipe COVID-19 di Sumsel terkendala dana

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020