Masyarakat bisa dengan mudah mengklik laman poskodigitalsatgaspangan.net atau 'download' aplikasinya di Google Play dengan kata kunci 'satgas pangan tangguh'.
Surabaya (ANTARA) - Satgas Pangan Polda Jawa Timur membuat aplikasi bernama "Posko Digital Satgas Pangan Tangguh" untuk mencegah terjadinya penimbunan dan permainan harga pangan oleh mafia.

"Dengan aplikasi ini, jika masyarakat menemui kecurangan di lingkungannya, bisa dengan mudah melapor," kata Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Suryono di Surabaya, Jumat.

Aplikasi tersebut, kata AKBP Suryono, bisa diakses di seluruh kabupaten dan kota di Jatim.

Baca juga: Satgas Pangan: Permintaan tinggi tiga komoditas pangan harus impor

"Ini bisa untuk mengecek, misalnya harga gula, beras, dan bahan pokok lainnya. Targetnya untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait dengan ketahanan pangan di Jatim," ujarnya.

Suryono menambahkan bahwa aplikasi ini merupakan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan Bulog Divre Jatim.

Pada aplikasi tersebut, kata dia, masyarakat bisa mengetahui informasi terbaru tentang naik turunnya harga pangan hingga stok yang ada di lapangan.

"Kami juga bekerja sama dengan Bulog, Disperindag, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan, dan Dinas Pertanian untuk meng-update setiap hari harga dan stok," ucapnya.

Suryono menjelaskan di kolom posko digital juga ada kolom pengaduan sehingga bagi yang mengetahui pelanggaran penyimpangan terkait dengan pangan bisa mengisi informasi.

Pada pandemi COVID-19 ini, menurut Suryono, di tengah masyarakat cukup rawan terjadi kecurangan hingga permainan sejumlah pihak terkait dengan stok dan harga bahan pangan.

Baca juga: Satgas Pangan: Bulan depan produksi gula nasional ada 500 ribu ton

Baca juga: Satgas Pangan dan Kemendag distribusi 12 ton gula ke Pasar Jatinegara


Ia berharap aplikasi ini bisa membantu masyarakat mengetahui harga real time di pasaran.

"Kami tidak hanya menunggu pengaduan dari masyarakat, tetapi juga aktif melakukan monitor hingga menindak langsung jika menemukan kecurangan," katanya.

Jika ingin mengakses aplikasi ini, masyarakat bisa dengan mudah mengklik laman poskodigitalsatgaspangan.net atau download aplikasinya di Google Play dengan kata kunci satgas pangan tangguh.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020