Kendaraan lewat tol Cipali naik 132 persen jelang Idul Adha

Kendaraan lewat tol Cipali naik 132 persen jelang Idul Adha

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau penerapan protokol kesehatan COVID-19 di Stasiun Juanda, Kamis (30/7/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya mencatat terjadi peningkatan sebesar 132 persen  jumlah kendaraan yang melewati jalan Tol Cikampek - Palimanan (Cipali)  pada Kamis (30/7) malam menjelang  Idul Adha 1441H dibanding dengan Kamis (23/7) minggu lalu.

"Adanya libur mudik (Idul Adha) menyebabkan arus kendaraan di Tol Cipali (kendaraan menuju Jawa Tengah) meningkat hingga 132 persen bila dibandingkan dengan Kamis (23/7) minggu lalu," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Jalan Tol Cipali lengang tiga hari jelang lebaran

Kepadatan penggunaan jalan tol, tidak hanya terjadi di Jalan Tol Cipali namun juga di jalan tol mengarah ke Bandung.

"Terjadi kenaikan juga sebesar 97 persen kendaraan ke arah Bandung jika dibandingkan dengan Kamis (23/7) minggu lalu," ujar Sambodo.

Puncak kepadatan penggunaan jalan baik arteri maupun tol akibat mudik Idul Adha 1441H memang sudah diperkirakan oleh Polda Metro Jaya terjadi pada Kamis malam tepat setelah jam pulang kantor.

Baca juga: Operator Cipali nyatakan ada penurunan trafik kendaraan selama pandemi

"Kita perkirakan puncaknya akan terjadi hari ini, malam ini untuk kepadatan lalu lintas," kata Sambodo saat ditemui di Stasiun Juanda, Kamis (30/7).

Sambodo menyiapkan beberapa skema mulai dari penerapan contraflow hingga skema buka tutup rest area dan tempat parkir untuk mengurai kemacetan.

Baca juga: Tol Cipali evakuasi penumpang bus meninggal dengan prosedur COVID-19

Ia pun menurunkan 734 personel polisi dari Satuan Direktorat Lalu Lintas untuk menjaga situasi mudik libur Idul Adha 1441H sejak Kamis pagi (30/7).
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020