Polda Metro Jaya perkirakan puncak arus mudik Idul Adha Kamis malam

Polda Metro Jaya perkirakan puncak arus mudik Idul Adha Kamis malam

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau penerapan protokol kesehatan COVID-19 di Stasiun Juanda, Kamis (30/7/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memperkirakan puncak arus mudik  Idul Adha 1441H akan terjadi pada Kamis (30/7) malam.

"Kita perkirakan puncaknya akan terjadi hari ini, malam ini untuk kepadatan lalu lintas," kata Sambodo saat ditemui di Stasiun Juanda, Kamis.

Baca juga: COVID-19 masih tinggi, pemerintah ingatkan warga tak mudik Idul Adha

Puncak arus mudik diperkirakan akan meningkat setelah para pekerja kantor pulang dan langsung berangkat menuju ke kampung halaman masing-masing.

"Kita perkirakan mulai sore setelah pulang kantor, akan ada peningkatan (arus lalu lintas) di ruas-ruas jalan, baik di jalur arteri maupun di tol," ujar Sambodo.

Baca juga: Polda Metro siapkan 28 pos pengamanan antisipasi mudik Idul Adha

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas maka pihaknya akan menggelar operasi penguraian dengan menurunkan petugas, khususnya di Jalan tol khususnya yang mengarah ke arah Timur.

"Nanti sore kami akan laksanakan gelar pasukan untuk mengecek sejauh mana persiapan kita untuk mengamankan arus mudik ini terutama yang ke arah timur ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Sambodo.

Hingga Kamis pagi, Sambodo mengatakan belum terlihat adanya peningkatan volume kendaraan baik jalur arteri maupun jalur tol.

Baca juga: Kakorlantas pastikan tidak ada penyekatan dalam pengamanan mudik

Tidak hanya penggunaan kendaraan pribadi, Sambodo pun mengatakan pihaknya ikut memantau kondisi di terminal-terminal dan stasiun untuk melihat adanya peningkatan pemudik dari Jakarta.

"Hari ini kami akan ke Kampung Rambutan, kemudian juga ke Pulo Gebang, termasuk juga nanti ke Kalideres kalau sempat. Kita akan lihat sejauh mana ada peningkatan penumpang angkutan umum untuk melaksanakan libur Idul Adha," ujar Sambodo.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020