Surabaya (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya mengingatkan kadernya untuk membantu rakyat yang kesusahan khususnya pada saat terjadi bencana.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Minggu, mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak pernah bosan-bosannya selalu mengingatkan para kadernya untuk selalu membantu rakyat.

"Menangis dan tertawa bersama rakyat," kata Adi Sutarwiyono.

Baca juga: Baguna PDIP membumikan semangat gotong royong tangani bencana

Menurut dia, PDIP Surabaya memiliki Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) yang terus melaksanakan tugasnya membantu warga yang terkena musibah bencana.

"Kerja-kerja ini menjadi bagian dari kerja-kerja partai. Berkoordinasi dengan jajaran pengurus tingkat PAC, Ranting, dan Anak Ranting. Seluruh kader PDI Perjuangan di Surabaya solid bergerak untuk rakyat," ujarnya.

Adi mencontohkan Baguna PDI Perjuangan Surabaya telah bergerak cepat memberikan bantuan kepada korban kebakaran tujuh rumah di Jalan Tambak Asri Bunga Rampai 5, RW 06, Morokrembangan, Surabaya, yang terjadi pada Jumat (25/7) malam. Kebakaran itu diduga dipicu oleh hubungan listrik arus pendek dari sebuah rumah.

"Baguna langsung turun ke lokasi pengungsian di Kelurahan Morokrembangan," katanya.

Baca juga: PDIP terjunkan Tim Baguna bantu korban bencana Luwu Utara

Kepala Baguna DPC PDI Perjuangan Surabaya Agatha Retnosari mengatakan bantuan yang diberikan berupa peralatan kebutuhan pribadi seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, susu, dan pembalut.

"Dalam setiap bencana, perempuan dan anak merupakan kelompok paling rentan. Seringkali kebutuhan mendasarnya terlupakan, seperti pembalut, misalnya. Oleh karena itu, kami juga memberikan barang-barang yang menjadi kebutuhan mereka," katanya.

Sekretaris Baguna DPC PDIP Surabaya Budi Leksono mengatakan pihaknya mengapresiasi Pemkot Surabaya yang dengan sigap turun ke lapangan dan memberikan bantuan kepada para korban.

Baca juga: Baguna PDIP tingkatkan koordinasi perkuat penanggulangan bencana

"Gotong royong seluruh elemen seperti ini akan membantu meringankan beban penderitaan warga. Berbagai aksi gotong royong terus kami galang sebagai wujud kerja riil untuk rakyat. Sejak Maret 2020 saat COVID-19 masuk ke Indonesia pun kami sudah bergerak membantu berbagai kebutuhan pokok warga Surabaya," ujar Budi yang juga anggota DPRD Surabaya ini.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020