Koperasi saat ini hingga di masa mendatang harus berkembang dan dapat menjadi pilar perekonomian Indonesia, dengan mencakup beragam sektor
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop dan UKM) Teten Masduki mendorong pengembangan koperasi sektor rill di Provinsi Lampung untuk meningkatkan pengembangan pasar produk lokal maupun produk nasional.

"Koperasi saat ini hingga di masa mendatang harus berkembang dan dapat menjadi pilar perekonomian Indonesia, dengan mencakup beragam sektor," ujar Teten Masduki, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan Provinsi Lampung dengan beragam potensi sumber daya alam serta budaya memiliki potensi besar untuk melakukan pengembangan koperasi sektor rill.

Baca juga: Teten Masduki dan era baru pengembangan koperasi dan UMKM

"Koperasi saat ini bukan hanya koperasi simpan pinjam, tapi sudah beragam sektor dan diharapkan Lampung dengan potensi yang besar mampu menjadi pusat ekonomi baru di Sumatera dengan perkembangan koperasi yang signifikan" ujar Teten Masduki.

Ia menjelaskan dengan adanya koperasi sektor rill dapat menjadi salah satu wadah bagi penyerapan produksi ataupun produk yang ada di Provinsi Lampung.

Baca juga: Pemerintah dukung pengembangan usaha berbasis koperasi

"Bila ingin membuat koperasi pangan tentu Lampung memiliki potensi sebab memiliki banyak produk hortikultura, pertanian, dan untuk sektor lainnya dapat saling bersinergi, sehingga koperasi dapat memfasilitasi UMKM," kata Teten Masduki.

Menurut Teten, dengan sinergi semua pihak perkembangan dan penguatan koperasi serta UMKM akan terwujud.

"Koperasi merupakan pusat ekonomi rakyat sehingga perlu sinergi dalam mengembangkan koperasi agar menjadi salah satu keunggulan Provinsi Lampung," ujar Teten Masduki lagi.

Baca juga: Tiga fase diterapkan untuk pulihkan sektor koperasi di tengah pandemi

Baca juga: Teten ajak koperasi ubah tata kelola di era digital

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020