97 persen pasien COVID-19 di Kalimantan Barat sembuh

97 persen pasien COVID-19 di Kalimantan Barat sembuh

Arsip Foto. Pasien yang telah sembuh dari COVID-19 mengikuti acara pemulangan pasien di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (4/6/2020). (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson mengatakan bahwa 97,77 persen pasien COVID-19 di Kalimantan Barat sudah dinyatakan sembuh.

Dia menjelaskan bahwa hingga 19 Juli 2020 sebanyak 351 orang dari total 359 pasien COVID-19 di wilayah Kalimantan Barat dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan.

"Kami bersyukur karena angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kalbar cukup tinggi, mencapai angka 97 persen dan ini tertinggi di Indonesia," kata Harisson di Pontianak, Senin.

Menurut dia, saat ini jumlah warga yang terserang COVID-19 di Kalimantan Barat tinggal empat orang, semuanya berada di Kubu Raya dan sedang menjalani karantina mandiri.

"Kita berdoa bersama agar saudara kita yang masih dalam tahap penyembuhan COVID-19 bisa segera sembuh agar angka kesembuhan di Kalbar bisa 100 persen," kata Harisson.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggencarkan pemeriksaan COVID-19 dan kampanye penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari guna mengoptimalkan upaya pencegahan penularan virus corona.

"Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci utama bagi kita dalam mencegah penyebaran COVID-19. Masyarakat kita minta untuk bersama-sama menerapkan hal ini agar kita tidak ada lagi kasus konfirmasi," katanya.

Dia mengingatkan pemerintah daerah di 14 kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Barat untuk tidak menurunkan kegiatan pemeriksaan dan kampanye penerapan protokol kesehatan pada warga.

Menurut data Dinas Kesehatan, jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Kalimantan Barat sebanyak 359 orang dengan perincian 351 orang sudah sembuh, empat orang masih dalam penanganan, dan empat orang meninggal dunia.

Baca juga:
Angka kesembuhan pasien COVID-19 di 11 provinsi 75 persen lebih
Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kaltara capai 89,72 persen

 
Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020