Pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul bertambah dua kasus

Pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul bertambah dua kasus

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. ANTARA/Sutarmi/am.

Kulon Progo (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bertambah dua kasus baru sehingga total menjadi 75 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan tambahan dua kasus ini merupakan perempuan umur 29 tahun dan perempuan 54 tahun, keduanya warga Kapanewon/Kecamatan Wonosari.

"Mereka diketahui positif usai menjalani tes usap (swab test) karena salah satu anggota keluarganya diketahui reaktif saat menjalani rapid test," kata Dewi Irawaty.

Ia mengatakan penambahan dua kasus baru ini merupakan satu keluarga. Berdasarkan penelusuran, salah satu keluarganya yang bekerja di luar Gunung Kidul rapid reaktif.

"Mereka satu rumah sehingga kami tes dan hasilnya positif," kata Dewi.

Baca juga: Uji coba pembukaan destinasi wisata geliatkan ekonomi Gunung Kidul

Baca juga: Dinkes Gunung Kidul tes cepat COVID-19 pedagang Pasar Argosari


Dewi menjelaskan meski begitu pihaknya belum bisa melakukan menyimpulkan dari mana penularan virus tersebut pertama kali terjadi. Hal ini menjadi pekerjaan rumah Dinkes untuk mengetahui asal penularan.

"Penularan masih ditelusuri, belum bisa kita simpulkan," ucap dia.

Dari data yang dihimpun sampai dengan saat ini ada lima kasus penularan yang masih ditelusuri oleh Dinkes Gunung Kidul. Adapun kasus tersebut merupakan perempuan 61 tahun warga Karangmojo, laki-laki 12 tahun warga Wonosari, perempuan 59 tahun warga Wonosari, perempuan 22 tahun warga Saptosari dan dua kasus terakhir ini.

Dewi menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan tracing kontak dengan menggunakan metode swab test. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dengan cepat hasil dari pemeriksaan yang dilakukan.

Sampai dengan saat ini dari catatan Dinkes Gunung Kidul, jumlah kasus positif COVID-19 di Gunung Kidul berjumlah 75 kasus, 52 kasus diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 22 orang masih dalam perawatan medis. Sementara jumlah kasus meninggal dunia tetap satu orang.

Baca juga: Tambah lima kasus, positif COVUD-19 di Gunung Kidul-DIY naik 74 orang

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul bertambah lima orang

Pewarta : Sutarmi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020