Ketua KPK sambut positif Palembang tuan rumah Piala Dunia U-20

Ketua KPK sambut positif Palembang tuan rumah Piala Dunia U-20

Ketua KPK Firli Bahuri di Palembang, Kamis (9/7/2020). ANTARA/Dolly Rosana/am.

Palembang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri menyambut positif jika Kota Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan,  ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, 20 Mei-11 Juni 2021.

“Saya sangat menyambut baik jika Piala Dunia ini dipertandingkan di Palembang. Fasilitas sudah ada kok,” kata Firli di Palembang, Kamis.

Firli mengatakan,  sebagai putra daerah Sumatera Selatan ia siap memberikan dukungan penuh demi suksesnya penyelenggaran event tersebut.

Firli yang dijumpai setelah berceramah terkait pencegahan korupsi di Ruang Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, berpendapat penyelenggaran event olahraga berskala internasional ini dipastikan akan menggerakkan ekonomi rakyat.

Adanya kegiatan ini dipastikan memberikan keuntungan bagi masyarakat Sumsel karena Kota Palembang bakal dikunjungi ribuan orang, seperti saat menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asian University Games 2014 dan Asian Games 2018.

“Mulai dari penjualan kaos, souvenir, dan lainnya. Pasti akan bergerak semua, terutama pariwisata, yang secara otomatis akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Firli.

Hanya saja, ia berpesan, perhelatan akbar ini harus dipersiapkan secara matang sehingga Sumatera Selatan mendapatkan manfaat lebih dari event-event internasional sebelumnya.

Sementara ini, PSSI telah menetapkan enam stadion untuk dijadikan penyelenggara Piala Dunia U-20 yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar). Sementara dua stadion lagi yang sempat masuk proyeksi yakni Stadion Pakansari (Bogor) dan Stadion Mandala Krida (Yogyakarta) dicoret oleh PSSI.

Baca juga: PSSI: FIFA tentukan enam stadion Piala Dunia U-20

Baca juga: September nanti FIFA ke Indonesia tinjau enam stadion


FIFA dijadwalkan akan menurunkan tim pada September 2020 untuk memeriksa kelayakan keenam stadion itu sebelum mengambil keputusan final.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Sumsel Herman Deru mengatakan dirinya sangat optimistis daerahnya bakal terpilih karena Kota Palembang sudah sering menjadi penyelenggara ajang multi dan single event olahraga internasional.

“Mudah-mudahan Sumsel terpilih dari enam stadion itu, ini perlu kerja keras bersama Pemkot Palembang mulai dari menyiapkan stadionnya hingga fasilitas pendukung lainnya. Saya sudah tinjau langsung, dan hanya perlu perbaikan minor,” kata dia.

Baca juga: Ketua umum PSSI: Jakabaring pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20

Baca juga: RD yakin Palembang tidak sulit gelar Piala Dunia U-20
Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020