Aktivitas puskesmas dan PKD yang sebelumnya ditutup sementara kini sudah dibuka lagi
Batang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Muchlasin menginformasikan sebanyak 17 orang dari 71 tenaga medis di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Warungasem yang telah menjalani tes cepat dengan hasil reaktif dinyatakan negatif COVID-19.

"Setelah menjalani tes cepat COVID-19 secara massal, Alhamdulillah 17 tenaga medis dari hasil tes usap dari laboratorium di Semarang, semuanya dinyatakan negatif," katanya di Batang, Senin.

Menurut dia, semula aktivitas pelayanan di Puskesmas Warungasem ditutup sementara untuk menghindari penyebaran virus corona pada masyarakat.

Namun, kata dia, setelah dikeluarkannya hasil tes usap oleh Laboratorium Semarang, aktivitas pelayanan kesehatan Puskesmas Warungasem dan poliklinik kesehatan desa (PKD) sudah dibuka kembali mulai Senin.

"Aktivitas puskesmas dan PKD yang sebelumnya ditutup sementara kini sudah dibuka lagi untuk melayani kesehatan masyarakat," katanya.

Baca juga: Satu keluarga di Batang dinyatakan positif COVID-19

Baca juga: 13 staf klinis QIM Batang dinyatakan sembuh dari COVID-19


Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Puskesmas Warungasem Yayan Nuryanah mengatakan pihaknya sudah menyebarkan informasi 17 tenaga medis yang sudah dinyatakan negatif COVID-19 melalui akun instagram@puskesmas_Warungasem.

Semula, kata dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Batang melakukan tes cepat COVID-19 secara massal pada 71 tenaga medis puskesmas dan 17 orang dinyatakan reaktif COVID-19.

"Namun, setelah menunggu hasil usap ternyata 17 tenaga medis dinyatakan negatif COVID-19. Meski dinyatakan negatif COVID-19, kami tetap mengimbau pada semua petugas medis dan masyarakat yang datang ke Puskesmas Warungasem tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: 17 tenaga medis reaktif, Dinkes Batang tutup layanan dua puskesmas

Baca juga: Pemkab Batang siapkan tes cepat COVID-19 tamu undangan Presiden

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020