Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (26/6), mulai dari Presiden Joko Widodo yang mengusung ASEAN Travel Corridor hingga peluncuran gerakan nasional belanja pengadaan barang untuk UMKM.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Presiden Jokowi usung ASEAN Travel Corridor dalam KTT ASEAN

Presiden Joko Widodo mengusung dan mendorong segera direalisasikannya ASEAN Travel Corridor dalam KTT ke-36 ASEAN sebagai upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi di kawasan.

Saat menyampaikan pandangannya pada sesi pleno KTT ke-36 ASEAN, Presiden Joko Widodo menyebut ASEAN sudah membangun fondasi kuat sebagai sebuah komunitas selama 5 dekade terakhir. Menurut Presiden, fondasi ini cukup untuk dijadikan bekal dalam menghadapi masa sulit ini.

Baca selengkapnya di sini


2. Marak pesepeda pada normal baru, Kemenhub: Sepeda harus diatur

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menilai penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi COVID-19.

“Saya terus terang, sepeda harus diatur, apakah dengan peraturan menteri atau peraturan pemda, bupati atau gubernur,” kata Dirjen Budi Setiyadi dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


3. BEI minta investor tak khawatirkan 13 manajer investasi jadi tersangka

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi meminta para investor tidak khawatir dananya akan lenyap terkait dengan penetapan 13 perusahaan manajer investasi (MI) sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung.

"Saya belum dapat laporan secara detil. Setahu saya yang dibekukan itu produknya, bukan MI-nya. Reksa dana itu pengelolaannya independen. Kolateral tidak ada di MI, tapi di kustodian. Investor tidak usah khawatir, dananya ada di pihak ketiga," ujar Inarno saat bincang virtual dengan wartawan di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini


4. Rupiah terkulai, tertekan kekhawatiran meningkatnya penyebaran Corona

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan tertekan kekhawatiran pasar terkait meningkatnya penyebaran pandemi COVID-19.

Rupiah ditutup melemah 45 poin atau 0,32 persen menjadi Rp14.220 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.175 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini


5. Pemerintah luncurkan gerakan nasional belanja pengadaan untuk UMKM

Pemerintah meluncurkan gerakan nasional belanja pengadaan barang dan jasa pemerintah khusus untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) secara virtual di Jakarta, Jumat.

Peluncuran gerakan nasional itu dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan dihadiri oleh sejumlah menteri dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Roni Dwi Susanto.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020