Kasus positif COVID-19 di Tarakan bertambah 9 menjadi 62 orang

Kasus positif COVID-19 di Tarakan bertambah 9 menjadi 62 orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tarakan, Devi Ika Indriarti. Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Jumlah kasus positif COVID-19 di Tarakan, Kalimantan Utara, bertambah sembilan orang sehingga total kasus positif corona di daerah itu mencapai 62 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tarakan, Devi Ika Indriarti dalam konferensi pers secara virtual di Tarakan, Kamis, merinci sembilan kasus baru  terdiri dari empat orang merupakan pegawai di salah satu Unit Pelayanan Teknik (UPT) Dinas Kesehatan Kota Tarakan.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Tarakan bertambah dua orang

Kemudian empat orang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Fuen 07 dan satu pasien terpapar dari penularan lokal.

Adapun ABK KM Fuen 07 yang positif COVID-19, empat orang semua berjenis kelamin laki-laki dengan usia 35 tahun, 24 tahun, 24 tahun dan 21 tahun.

KM Fuen berangkat dari Batu Licin, Kalimantan Selatan mengangkut semen dan berlabuh di Pelabuhan Malundung, Tarakan.

Baca juga: Di Tarakan-Kaltara, satu lagi petugas kesehatan positif COVID-19

Sedangkan empat orang dari petugas di salah satu UPT Dinas Kesehatan, semuanya berjenis kelamin perempuan yakni usia 23 tahun, tiga pasien lain berusia 34 tahun.

Sementara satu pasien terpapar dari penularan lokal berjenis kelamin perempuan berusia 44 tahun.

Jumlah pasien COVID-19 yang masih dirawat sebanyak 21 orang, di antaranya 15 orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tarakan dan enam orang dirawat di RSUD Tarakan.

Baca juga: Dua ABK tambah kasus positif COVID-19 di Tarakan jadi 49 orang

Saat ini jumlah pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 ada 41 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang sedang dirawat di rumah sakit sebanyak satu orang.

Untuk jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) yang sedang dipantau saat ini sebanyak 302 orang. Sedangkan jumlah orang tanpa gejala (OTG) yang sedang dipantau sebanyak 89 orang. OTG adalah orang yang tidak bergejala, namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif COVID-19.

“Masyarakat Tarakan agar terus memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga ODP, OTG, PDP dan positif COVID-19. Mari kita bantu mereka semampu kita,” kata Devi.

Baca juga: Satu orang tenaga kesehatan di Tarakan dinyatakan sembuh dari COVID-19

 

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020