Pada lima tahun berikutnya kami akan membangun lebih dari lima bendungan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Basuki Hadimuljono menawarkan proyek pembangunan bendungan kepada para kontraktor dan investor Turki.

"Ini tentunya merupakan peluang bagi investor dan kontraktor Turki untuk turut berpartisipasi dalam proyek pembangunan bendungan di Indonesia," ujar Menteri Basuki dalam pertemuan daring Forum Bisnis Konstruksi Indonesia-Turki di Jakarta, Selasa.

Menurut Menteri PUPR, selama lima tahun terakhir pemerintah Indonesia telah membangun 65 bendungan.

"Pada lima tahun berikutnya kami akan membangun lebih dari lima bendungan," kata Menteri Basuki dalam pertemuan yang juga dihadiri Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani.

Sebelumnya Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto  menyebutkan hanya proyek infrastruktur sektor bendungan dan jembatan, serta perumahan yang belum 'pecah telur' atau belum mendapatkan pembiayaan dari skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dikatakannya sektor proyek infrastruktur ini sebelumnya masih menggunakan pembiayaan dari pemerintah pusat melalui APBN dan Kementerian PUPR menjadi penanggung jawab kerja sama untuk proyek infrastruktur dengan skema pembiayaan KPBU, mulai dari konektivitas jalan, hingga sanitasi dan air minum.

Menurut dia, ada berbagai faktor yang membuat proyek seperti bendungan dan permukiman belum tersentuh pembiayaan KPBU, antara lain kesiapan dari investor serta risiko investasi.

Eko menyatakan skema KPBU akan menempati porsi hingga 60 persen pembiayaan proyek infrastruktur nasional. Tercatat ada 23 proyek infrastruktur di bawah PUPR untuk periode 2020-2024 dengan proyeksi total investasi melalui skema KPBU sebesar Rp217,08 triliun.



Baca juga: PUPR sebut proyek sumber daya air belum 'pecah telur'

Baca juga: Delapan bendungan Program Strategis Nasional ditargetkan rampung 2020

Baca juga: KemenPUPR: Rehabilitasi Bendung Tirtonadi kendalikan banjir Kota Solo

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020