Memang benar ada lagi kabupaten di wilayah La Pago yang terjangkit setelah adanya warga di Kabupaten Puncak Jaya yang dinyatakan positif COVID-19
Jayapura (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Papua menyatakan pandemi COVID-19 saat ini kembali merambah kabupaten di kawasan Pegunungan Tengah Papua.

"Memang benar ada lagi kabupaten di wilayah La Pago yang terjangkit setelah adanya warga di Kabupaten Puncak Jaya yang dinyatakan positif COVID-19," kata juru bicara GTPP OVID-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule, Senin malam di Jayapura.

Ia mengakui adanya warga di Kabupaten Puncak Jaya yang positif dan saat ini dirawat di RSUD Mulia.

"​​​​​​​Kondisi pasien sakit ringan hingga sedang dan masih terus dalam pemantauan," katanya seraya menambahkan dengan adanya warga yang positif COVID-19 di Kabupaten Puncak Jaya itu maka pandemi tersebut sudah menyebar di 16 kabupaten di Papua.

Ia mengatakan belum ada rencana untuk mengevakuasi pasien positif COVID-19 namun kondisi pasien selalu dipantau.

Sebelumnya tercatat dua orang warga Kabupaten Yalimo dinyatakan positif dan saat ini dirawat di RSUD Wamena.

Ketika ditanya penyebarannya dari mana mengingat sudah tiga bulan aktivitas penerbangan penumpang dari dan ke Mulia dihentikan, ia mengaku belum dapat memastikan karena harus dilakukan penelitian menyeluruh.
 
Akan tetapi pihaknya menduga penyebaran COVID-19 di kawasan itu akibat terjadinya pergerakan tradisional atau transmisi lokal yakni kasus infeksi yang terjadi antarmasyarakat.

Saat ini di Kabupaten Puncak Jaya terdapat tujuh orang dalam pemantauan (ODP), demikian Silwanus Sumule.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020