Kota Probolinggo miliki 30 Kampung Tangguh Semeru

Kota Probolinggo miliki 30 Kampung Tangguh Semeru

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat meluncurkan kampung tangguh semeru di Command Center Kota Probolinggo, Rabu (17/6/2020) (ANTARA/ HO - Humas Pemkot Probolinggo)

Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan kotanya memiliki 30 Kampung Tangguh Semeru yang tersebar di 29 kelurahan di daerah itu.

"Saat ini ada 10 kampung lagi yang berpotensi menjadi Kampung Tangguh Semeru menuju era normal baru," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Command Center Kota Probolinggo, Rabu.

Baca juga: "Kampung Tangguh Semeru" diapresiasi ikut tekan penyebaran COVID-19

Menurutnya, kampung tangguh yang diinisiasi oleh Kapolda Jawa Timur itu mendapat dukungan penuh dari TNI dan pemerintah seiring dengan perkembangan dinamisnya perkembangan COVID-19 mengakibatkan pemerintah daerah harus bergerak cepat dengan membuat kampung tangguh.

"Di Kota Probolinggo, setiap Kampung Tangguh Semeru ada geliat ekonomi di dalamnya seperti pasar murah hingga lumbung pangan. Tidak hanya itu, setiap kampung tangguh juga punya produk unggulan UMKM yang sangat menarik," katanya.

Baca juga: Khofifah: Kampung tangguh di Kota Probolinggo terbaik se-Jatim

Selain itu, Kota Probolinggo juga sudah membentuk dua asrama tangguh, enam industri tangguh, dua pasar tangguh, dua pondok pesantren tangguh, dua kawasan wisata tangguh, satu pelabuhan tangguh, tempat ibadah tangguh dan lima posko penegakan disiplin menuju kawasan tangguh dalam menghadapi era normal baru.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi banyaknya kampung tangguh yang sudah dibentuk di Kota Probolinggo, bahkan juga sudah dibentuk pasar tangguh dan pesantren tangguh.

Baca juga: Kapolda Jatim-Pangdam Brawijaya tinjau kampung tangguh di Madiun

"Biasanya daerah lain itu satu kampung tangguh, di Kota Probolinggo sudah berkampung-kampung. Terima kasih semuanya. Luar biasa di Kota Probolinggo juga ada pesantren tangguh, pasar tradisional tangguh dan lainnya," tuturnya.

Ia mengatakan kampung tangguh tidak sekedar saat terjadinya pandemi COVID-19, tetapi menjaga ketangguhan sosial, ketahanan ekonomi di lini paling bawah, jadi sentra ekonomi baru di Kota Probolinggo.

Baca juga: Bapenda Jatim bentuk Samsat Tangguh, keliling kampung-kampung

"Saya berharap kampung tangguh di Kota Probolinggo dapat mendorong kota setempat untuk masuk dalam zona kuning atau zona yang memiliki risiko rendah penyebaran virus corona karena saat ini Kota Probolinggo masuk zona oranye (risiko sedang)," katanya.

Menurutnya, komitmen untuk selalu disiplin dalam melakukan pencegahan dan memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan tekad bersatu melawan virus corona dapat dilakukan di Kota Probolinggo dapat mewujudkan kota setemoat masuk zona kuning, atau bahkan menuju ke zona hijau.

Baca juga: 350 kampung tangguh di Surabaya siap diresmikan
 
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020