Terima kasih mas-mas dan mbak-mbak, sudah melayani masyarakat Surabaya
Surabaya (ANTARA) - Sedikitnya dua mobil laboratorium PCR dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang selama beberapa pekan ini sudah melakukan tes usap COVID-19 di Kota Surabaya, Jatim, Rabu, mengakhiri masa tugasnya.

Sebelum meninggalkan Kota Surabaya, para petugas mobil laboratorium PCR itu menemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang sedang berada di Dapur Umum Balai Kota Surabaya untuk berpamitan.

"Terima kasih mas-mas dan mbak-mbak. Sudah melayani masyarakat Surabaya selama beberapa minggu ini. Matur nuwun (terima kasih)," kata Wali Kota Risma.

Baca juga: Pemkot Surabaya belum rencanakan pembelian mobil laboratorium PCR

Selain itu, Risma juga menyampaikan permohonan maaf jika selama berada di Surabaya terdapat hal yang kurang berkenan. "Maaf jika selama di sini (Surabaya) ada yang kurang berkenan. Sekali lagi terima kasih," ujarnya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini kemudian memberikan beragam kenang-kenangan cenderamata kepada mereka, mulai dari patung lampu hias ikon Suroboyo hingga kain batik buatan UMKM Dolly.

Baca juga: DPRD berharap hasil swab di Surabaya disampaikan dengan cepat

Sementara itu, Kapten Mobil Laboratorium PCR BNPB Sandi Andika mengatakan selama berada di Surabaya ini bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Apalagi masyarakat di Kota Pahlawan orangnya ramah-ramah.

"Orangnya ramah dan menyenangkan. Banyak cerita lucu dan menarik di sini," kata Sandi.

Ia mengatakan mobil laboratorium PCR dari BNPB ini fokus pada tes usap untuk masyarakat. Sejak awal dioperasikan hingga Selasa (16/6), mobil ini telah melakukan sekitar 5 ribu tes usap. "Untuk kategori usianya beragam. Ada yang anak kecil sampai usia lanjut," katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim: Ada satu mobil lab PCR khusus untuk Surabaya

Kapten Mobil Laboratorium PCR ini juga menceritakan antusias warga yang tinggi dalam mengikuti tes usap. Selama beberapa pekan di Surabaya, jumlah pasien yang dites sudah ribuan seperti misalnya yang sebelumnya dilakukan di Gelora Pancasila dan Hotel Asrama Haji.

"Antusias warga Surabaya cukup tinggi angkanya. Hanya ada satu dua orang yang akhirnya tidak jadi tes usap setelah registrasi," katanya.

Sandi menyebut dalam satu mobil laboratorium PCR itu terdapat enam orang yang mengendalikan. Enam orang tersebut masing-masing punya tugas dan fungsi. Mereka terdiri dari kapten, asisten kapten, swaber, ekstracen, analis dan petugas perawatan.

Baca juga: Akhirnya, mobil laboratorium PCR pinjaman BNPB beroperasi di Surabaya


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020