71 warga Sulbar sembuh dari COVID-19

71 warga Sulbar sembuh dari COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi. ANTARA/HO-Diskominfo Sulbar

Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Sebanyak 71 warga Provinsi Sulawesi Barat berhasil sembuh dari COVID-19 setelah pada Minggu satu warga di daerah itu kembali dinyatakan sembuh.

"Hari ini berdasarkan hasil tes cepat molekuler (TCM) Rumah Sakit Regional Mamuju dan TCM dari Rumah Sakit Polewali Mandar, terdapat satu warga dinyatakan sembuh dari virus corona dan juga terdapat penambahan satu kasus positif," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi di Mamuju, Minggu.

Baca juga: Kakek 73 tahun di Jember sembuh dari COVID-19 lebih cepat

Warga yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 itu kata Safaruddin yakni pasien kasus 46 seorang laki-laki berinisial R (42) asal Polewali Mandar dan sempat dirawat di Rumah Sakit Polewali Mandar sejak 5 Mei kemudian pada 6 Juni 2020 menjalani isolasi mandiri.

"Pasien kasus 46 ini sempat dirawat di Rumah Sakit Polewali Mandar kemudian pada 6 Juni 2020 menjalani isolasi mandiri dan pada hari ini berdasarkan pemeriksaan swab dua kali dengan hasil negatif sehingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh," terang Safaruddin.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 755 jadi 14.531 orang

Sementara, satu penambahan kasus positif COVID-19 di Sulbar lanjut Safaruddin yakni seorang perempuan berinisial RA (24) warga Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju atau disebut kasus 98.

Kasus 98 itu kata Safaruddin, memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit COVID-19, yakni dari Kota Makassar Sulawesi Selatan pada 16 Mei dan kembali ke Mamuju pada 27 Mei 2020.

Baca juga: RSD Wisma Atlet catat 2.821 pasien sembuh

"Pasien ini sempat merasakan keluhan flu dan penciuman berkurang serta merasa pusing sehingga yang bersangkutan ke Puskesmas dan hasil pemeriksaan rapid test pertama nonreaktif," tuturnya.

"Namun, setelah 10 hari kemudian pada rapid test kedua hasilnya reaktif sehingga dilanjutkan dengan pemeriksaan swab yang hasilnya positif. Pasien kasus 98 ini saat ini dirawat di Rumah Sakit Regional Mamuju," terang Safaruddin.

Dengan penambahan satu kasus positif itu kata Safaruddin, total kasus COVID-19 di Sulbar hingga hari ini sebanyak 98 kasus, sebanyak 71 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 14 masih dirawat di rumah sakit, 11 orang menjalani isolasi mandiri dan dua orang meninggal dunia.

Secara rinci, ke-98 kasus positif COVID-19 di Sulbar tersebut tersebar di lima dari enam kabupaten, yakni di Kabupaten Majene tercatat lima kasus, empat orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan satu masih dirawat di Rumah Sakit Regional Mamuju.

Di Kabupaten Mamuju tercatat 13 kasus positif COVID-19, delapan orang sudah dinyatakan sembuh, tiga orang masih dirawat Rumah Sakit Regional Mamuju dan dua orang menjalani isolasi mandiri.

Di Kabupaten Pasangkayu terdapat tujuh kasus positif COVID-19 dan semuanya telah dinyatakan sembuh.

Di Kabupaten Mamuju Tengah dari 38 kasus positif COVID-19, sebanyak 37 orang sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal.

Di Kabupaten Polewali Mandar tercatat 35 kasus COVID-19, sebanyak 15 orang sudah dinyatakan sembuh, tiga orang dirawat di Rumah Sakit Polewali Mandar, tujuh orang dirawat di Rumah Sakit Pratama Wonomulyo, sembilang orang menjalani isolasi mandiri dan orang meninggal dunia.

Sementara, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Sulbar saat ini sebanyak 1.669 orang, sebanyak 1.567 diantaranya sudah selesai pemantauan, 100 orang masih dalam proses pemantauan dan dua orang dinyatakan meninggal.

Sedangkan, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 1.358, sebanyak 995 sudah selesai pengawasan dan 363 masih dalam proses pengawasan.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulbar sebanyak 86 orang, 63 orang diantaranya sudah selesai pengawasan, 15 orang masih dalam proses pengawasan dan delapan orang meninggal dunia.
Pewarta : Amirullah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020