70 ibu hamil jalani tes usap sebagai syarat persalinan

70 ibu hamil jalani tes usap sebagai syarat persalinan

Petugas Puskesmas Kramat Jati memeriksa kandungan seorang ibu hamil yang akan dites swab sebagai syarat persalinan di RPTRA Kampung Tengah, Jakarta Timur, Jumat (12/6/2020). (ANTARA/HO-Kominfotik Jaktim).

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 70 ibu hamil di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, menjalani tes usap, Jumat, sebagai salah satu syarat untuk proses persalinan.

"Kampung Tengah ini masih zona merah COVID-19. Memang perkembangan penyakitnya cukup melejit," kata Lurah Karang Tengah, Tarmiji di Jakarta.

Kegiatan tes itu digelar usai seorang ibu hamil di wilayah tersebut diketahui positif COVID-19 meskipun sang anak di kandungan terbukti negatif.

Tarmiji mengatakan, data keseluruhan warga yang positif COVID-19 di wilayah itu berjumlah 62 orang.

"Setiap sepuluh hari sekali datanya di-update, siapa saya yang sembuh dan masih perawatan, karantina hingga meninggal," katanya.

Baca juga: DKI Jakarta larang anak, ibu hamil dan lansia berkegiatan massal
Baca juga: Kanit Lantas Polsek Cengkareng evakuasi ibu hamil terdampak banjir


Kegiatan tes swab melibatkan sejumlah petugas Puskesmas Kecamatan Kramat Jati bertempat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Dahlia di Kelurahan Tengah.

Peserta diharuskan mengisi data diri serta usia kandungan sebagai syarat bagi proses persalinan di rumah sakit maupun klinik.

"Untuk nanti persyaratan kita lahiran harus ada pemeriksaan swab. Ini baru sekali untuk persyaratan kelahiran saya yang sudah delapan bulan," kata salah satu peserta tes swab Suryani (31).
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020