Jelang normal baru, ini tempat wisata di Jabodetabek yang segera buka

Jelang normal baru, ini tempat wisata di Jabodetabek yang segera buka

Ilustrasi - Bus gandeng Scania di kawasan Monas, Jakarta Pusat. ANTARA FOTO/Fanny Octavianus/pri.

Jakarta (ANTARA) - Dengan ditetapkannya masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jakarta untuk menyambut normal baru (new normal), sejumlah tempat wisata seperti museum dan lainnya akan segera beroperasi kembali.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memperbolehkan museum, perpustakaan, taman/RPTRA, dan pantai untuk dibuka kembali pada 8-14 Juni. Sementara mal, taman rekreasi dan kebun binatang dapat beroperasi kembali pada 15-21 Juni.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar destinasi wisata di wilayah Jabodetabek yang segera dibuka kembali.

1. Ancol
Suasana kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, masih terlihat sepi pengunjung, Kamis (7/5/2020). ANTARA/Fauzi Lamboka/am.
Manajemen Ancol tengah melakukan berbagai persiapan protokol khusus yang akan menjadi standar baru dalam pelayanannya, menyusul pembukaan kembali yang sesuai dengan peraturan, seperti menerapkan ticketing daring, pembayaran nontunai, pembatasan jumlah pengunjung, dan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

Baca juga: Disparekraf DKI siapkan promosi pariwisata era normal baru

Baca juga: Tempat wisata Jakarta akan dibuka bertahap


2. Kota Tua Jakarta
Sepeda wisata berderet di kawasan Museum Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (5/9/2019). Antara/Aldi Ardiansyah


Museum-museum di Kota Tua, Jakarta Barat, sudah mulai buka di pekan kedua masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Museum-museum di dalamnya seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, serta Museum Wayang, bisa dikunjungi, namun dengan membatasi kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Sejumlah warga berjalan di depan Teater IMAX Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (20/06/2019). (ANTARA/Kuntum Khaira Riswan)


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan kembali buka dengan membatasi jumlah wisatawan hingga sepertiga dari kapasitas tampung saat pemberlakuan normal baru.

Selama penerapan kenormalan baru, TMII akan menutup sementara wahana dalam ruangan tertutup, seperti bioskop Keong Mas dan wahana air. Sementara wahana di luar ruangan seperti kereta gantung, Anjungan Nusantara, dan Taman Burung akan dibuka.

Jam operasional TMII juga mengalami perubahan menjadi pukul 08.00-20.00 WIB untuk pintu masuk. Untuk wahana di dalam TMII pukul 08.00-16.00 WIB.

4. Monumen Nasional
Monumen Nasional (Monas) akan kembali dibuka saat PSBB masa transisi. Rencananya Monas dibuka pada minggu ketiga antara 15-21 Juni.

Monas akan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

Baca juga: Kemenparekraf ajak wisatawan berwisata kopi di Jakarta secara virtual

Baca juga: Museum Fatahillah tempel pengumuman tutup dadakan antisipasi COVID-19


5. Museum dan Galeri
Ilustrasi Museum Nasional Indonesia) (1)


Museum Perumusan Naskah Proklamasi dilaporkan akan membuka layanannya pada Selasa (9/6), dengan pembatasan jumlah pengunjung, serta menyiapkan sejumlah alat protokol kesehatan standar.

Sementara, Galeri Nasional juga diberitakan tengah bersiap untuk kembali membuka kunjungan bagi publik, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

6. Taman Margasatwa Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, untuk pertama kalinya tutup di hari pertama Idul Fitri 1440H, Rabu (5/6/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)


Taman Margasatwa Ragunan juga akan segera beroperasi kembali sesuai aturan yang berlaku. Ragunan akan membatasi pengunjung di hari biasa sebanyak 5.000 orang, dan akhir pekan sebanyak 10.000 orang.

Setiap pengunjung diharuskan mendaftar secara daring sebelum ke Ragunan. Waktu layanan juga dibatasi, yakni pukul 08.00-13.00 WIB.

7. Taman Safari Bogor
Seorang pawang satwa memberi pakan kepada dua ekor Jerapah (Giraffa) Afrika yang merupakan koleksi terbaru di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)


Taman Safari Indonesia (TSI) di Puncak Bogor akhirnya diperbolehkan untuk kembali beroperasi. Namun, wahana permainan dan wahana air di TSI belum diperbolehkan buka.

Bagi wisatawan yang masuk ke TSI Puncak, Bogor masih bisa melihat binatang berkeliling melalui mobil masing-masing, dan tidak diperbolehkan untuk keluar mobil.

Baca juga: Wisata virtual Ragunan minggu ini hadirkan pasangan Orangutan Sumatera

Baca juga: Ragunan akan batasi pengunjung 5.000 orang per hari saat normal baru

Baca juga: Ragunan siapkan pedoman wisata di era normal baru
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020