Ribuan masker yang disalurkan ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten merupakan produksi sendiri dari rajutan karya karyawan
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Jokowi Center Unggul Indonesia Maju (JCUIM) bidang peduli penanganan bencana alam mendonasikan ribuan masker, penyanitasi tangan, cairan disinfektan, dan sembako bagi warga terdampak pandemi COVID-19 di sebagian besar Pulau Jawa.

"Kami telah mendistribusikan berbagai bantuan tersebut ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten. Ribuan masker yang disalurkan merupakan produksi sendiri dari rajutan karya karyawan perusahaannya," ujar Ketua Umum JCUIM, Toni Suhartono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad.

Toni menambahkan bantuan yang diberikan tersebut juga dalam menyongsong era "new normal" atau normal baru.
Baca juga: Jokowi Center akan luncurkan alat pendeteksi gejala COVID-19

Untuk mekanisme pembagiannya melalui pendataan mandiri yang dibagikan langsung para Relawan Jokowi Center Peduli (JCP) di masing masing wilayah.

Di wilayah Jawa Barat khususnya di Kota Depok JCUIM mendistribusikan masker kepada masyarakat maupun para pekerja. Selain itu juga diberikan sembako bagi masyarakat terdampak COVID-19.

"Dengan semangat persatuan dan kemanusiaan yang dijunjung tinggi kita harus tolong-menolong meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19 serta membantu pemerintah menangani pandemi ini," tambah Toni Suhartono.
Baca juga: Jokowi Center usulkan pemerintah bentuk Satgas penanganan COVID-19

Toni meminta pengusaha yang bergerak di bidang kebutuhan bahan pokok agar tetap berproduksi namun dengan menjaga secara ketat keamanan para pekerja maupun masyarakat sekitar, dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kami semua perlu bersatu padu sesuai peran kapasitas masing masing. Mari kita turut melakukan pencegahan dengan menjaga pola hidup bersih, menjaga jarak , menggunakan masker menerapkan protokol kesehatan," jelas dia.

Seorang pengemudi ojek daring, David, mengatakan dirinya senang menerima bantuan masker tersebut. Dengan masker tersebut, ia akan lebih aman mencari nafkah.
Baca juga: Jokowi Center ajak Pemda di Indonesia ikuti Aceh tangani virus Corona
 

Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020