Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan (PDIP) membuka berbagai perlombaan kreatif untuk meramaikan peringatan Bulan Bung Karno pada Juni 2020.

"Pelaksanaan lomba sejak 6-25 Juni 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 30 Juni mendatang," kata Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidajat di Jakarta, Sabtu malam.

PDIP menggelar berbagai program serta lomba yang dikerjakan secara kreatif dan memperhitungkan faktor kekinian.

Dengan agenda itu diharapkan mengundang keterlibatan aktif kader partai dan masyarakat umum sekaligus untuk semakin menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi PDIP sejak 2010, Juni disebut sebagai bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat.

Ketua DPP PDIP bidang ideologi ini menjelaskan lomba itu dengan ngevlog tentang sejarah perjuangan Bung Karno. Durasi 3 menit dengan sejumlah tema.

"Ada juga lomba ngevlog di tempat bersejarah Bung Karno yang dibuat secara langsung, sambil memberikan narasi singkat, padat dan jelas tentang tempat bersejarah tersebut dan ditutup dengan harapan mengenai Indonesia pada 2045 mendatang. Durasinya 3 menit," kata Djarot dalam keterangan tertulisnya.

Dijelaskannya, semua pemenang mendapat akan buku terkait Bung Karno yakni "Dibawah Bendera Revolusi dan Penyambung Lidah Rakyat".

Baca juga: Gubernur Bali ajak generasi muda gelorakan gagasan Bung Karno

Di tempat terpisah, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan selain lomba akan ada juga beberapa agenda lain seperti lomba cipta lagu, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan. Bahkan pagelaran wayang secara streaming telah dilakukan dua kali.

Hasto menyebutkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kegiatan bulan Bung Karno tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini akan dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media, dengan tema: "Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi COVID-19".

Megawati, kata dia, mengharapkan peringatan Bulan Bung Karno di tengah COVID-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

"Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," ujar Hasto.

Baca juga: Gelar Wayangan, PDIP ajak pemuda Indonesia semangat bangun iptek

Baca juga: Bulan Bung Karno di tengah pandemi COVID-19 sasar kaum Milenial

Baca juga: Gagasan Bung Karno dinilai masih relevan di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: PDIP Surabaya gelar lomba foto dan bagi buku di Bulan Bung Karno

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020