Forkopimko Jaksel gandeng LDII kampanyekan silaturahim ormas virtual

Forkopimko Jaksel gandeng LDII kampanyekan silaturahim ormas virtual

Suasana silaturahim antar ormas secara virtual yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Selatan dengan menggandengn LDII Jaksel di Jakarta. ANTARA/HO-LDII Jaksel/am.

Jakarta (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Selatan menggandeng Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)  mengkampanyekan silaturahim organisasi kemasyarakatan virtual dengan memanfaatkan aplikasi konferensi video zoom.

"Setelah dengan LDII Jakarta Selatan, Insya Allah organisasi masyarakat lainnya segera menyusul menggelar kegiatan silaturahim Syawal 1441 Hijriah dengan konsep virtual seperti ini," kata Kasuban Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi (Kesbangpol) Jakarta Selatan Dirhamul Nugraha dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kodam Tanjungpura gelar halal bi halal secara virtual dimasa COVID-19

Acara tersebut, kata dia, termasuk spesial karena belum banyak dilakukan silaturahim virtual lintas ormas via konferensi daring bersama ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga tokoh adat.

Menurut dia, banyak ormas yang perlu terus menjalin silaturahim di masa pandemi COVID-19 yang membatasi pertemuan fisik. Beberapa ormas dapat turut serta dalam kegiatan tersebut seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembaruan Kebangsaan (FKP), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Lintas Ormas (FLO).

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Shalat Id di rumah dinas dan silaturahim virtual

Selain itu, lanjut dia, terdapat sejumlah organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan beberapa ormas lain di Indonesia terutama di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam konferensi video bersama LDII Jaksel beberapa waktu lalu, kata Dirhamul, diikuti beberapa peserta secara terbatas dan secara daring. Beberapa peserta adalah pengurus LDII wilayah Jakarta Selatan dari tingkat pimpinan cabang hingga pimpinan anak cabang.

Baca juga: Tidak gelar griya, Presiden anjurkan silaturahim virtual saat Lebaran

Dia mengatakan pertemuan juga diisi dengan dialog interaktif khususnya mengenai perkembangan yang ada terkait wabah pandemi COVID-19.

Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri acara silaturahim ormas daring itu menjadi ajang keakraban antara ulama dan umarah (birokrat) di masa pandemi.

"Sukses acara silaturahim ini luar biasa LDII bisa semakin mengakrabkan umarah dengan ulama, ini tentu saja membantu pemerintah," katanya.
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020