Kemenaker bantu APD untuk penanganan COVID-19 di Serang-Banten

Kemenaker bantu APD untuk penanganan COVID-19 di Serang-Banten

Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kemenaker Serang Agung Nurohmat (kiri) menyerahkan bantuan APD secara simbolis kepada Wali Kota Serang Syafrudin di Puspemkot Serang, Banten Jumat (5/6/2020). (FOTO ANTARA/Mulyana)

Serang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Provinsi Banten menerima bantuan sebanyak 160 alat pelindung diri (APD) dan delapan unit wastafel "portable" dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang untuk membantu penanganan dan pencegahan COVID-19 di daerah itu.

"Kami melakukan pengutamaan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (refocusing) untuk COVID-19 dengan membuat wastafel 'portable' dan APD. Ini juga hasil pembuatan sendiri dari orang yang terdampak COVID-19 dan hasil pelatihan selama 10 hari," kata Kepala BBPLK Serang Agung Nurohmat usai menyerahkan APD secara simbolis kepada Wali Kota Serang Syafrudin di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, Kamis.

Agung mengatakan bantuan yang disalurkan terdiri atas delapan unit wastafel portable, 800 helai masker, 500 buah pelindung wajah (face shield) serta 160 APD. Bantuan APD itu dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk penanganan pandemi COVID-19 di Kota Serang.

"Ini dalam rangka membantu Pemkot Serang untuk penanganan COVID-19. Bila  bantuan ini kurang akan ditambah lagi," katanya.

Ia menjelaskan, jika ada warga yang terdampak COVID-19 seperti terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), usaha mikro, kecil menengah (UMKM) yang melemah dan sebagainya, pihaknya mempersilakan untuk mengikuti pelatihan di BBPLK Serang.

"Kami masih menerima peserta pelatihan di dua paket, khususnya untuk Kota Serang. Silakan mendaftarkan diri ke BBPLK Serang," katanya.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu petugas kesehatan di lapangan untuk mencegah COVID-19 di Kota Serang.

"Mudah-mudahan bisa bantuan ini bermanfaat, dan bisa membantu petugas kesehatan di lapangan," kata Agung Nurohmat.

Sementara Wali Kota Serang Syafrudin mengucapkan terima kasih kepada BBPLK yang sudah memberikan bantuan berupa APD dan sebagainya.

"Kami atas nama Pemkot Serang mengucapkan banyak terima kasih, mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi warga Kota Serang, kami terima dengan senang hati. Mudah-mudahan yang memberikan bantuan mendapatian imbalan dari Allah SWT," katanya.

Bantuan tersebut akan diserahkan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta kecamatan yang melakukan pelayanan langsung ke masyarakat.

"Bantuan ini nantinya kami akan serahkan kepada OPD terkait dan kantor kecamatan yang memang langsung melayani masyarakat," demikian  Syafrudin.

Baca juga: Kota Serang siapkan ruang isolasi antisipasi COVID-19

Baca juga: Dampak COVID-19 di Banten, 6.000 buruh di PHK dan 23 ribu dirumahkan

Baca juga: Dinkes Kota Serang pantau mahasiswanya yang kembali dari China

Baca juga: 100 APD baju hazmat disalurkan BPJAMSOSTEK Cikupa untuk Tangerang
Pewarta : Mulyana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020