Bandarlampung (ANTARA) - Pemudik melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten, hingga Kamis pagi mencapai 2.845 orang.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2020 Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Kamis, pemudik masih didominasi oleh penumpang di dalam kendaraan dibandingkan pejalan kaki.

Berdasarkan data tersebut pemudik pejalan kaki sebanyak 121 orang dan penumpang di atas kendaraan sebanyak 2.724 orang.

Sedangkan total kendaraan yang diangkut sebanyak 1.996 unit dengan rincian 20 sepeda motor, 701 kendaraan roda empat, 4 bus, dan 1.271 unit truk.

Baca juga: Pemudik via Pelabuhan Bakauheni lebih banyak gunakan kendaraan

PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan sebanyak 18 kapal ro-ro dengan 54 perjalanan.

Sementara petugas di posko check point Pelabuhan Bakauheni memeriksa kelengkapan surat yang dibawa calon penumpang untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Adapun kelengkapan surat yang diperiksa petugas di antaranya surat kesehatan bebas COVID-19, surat ijin perjalanan, dan Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta bagi mereka yang akan masuk ke Jakarta.

Setelah dari posko check point, masyarakat diarahkan ke pos pengamanan terpadu Pelabuhan Bakauheni untuk diperiksa kelengkapan surat-suratnya. Setelah lengkap, masyarakat baru diperbolehkan untuk melakukan pembelian tiket.

Baca juga: Petugas Pelabuhan Bakauheni periksa kelengkapan surat calon penumpang

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020