Denpasar (ANTARA) - Sebanyak empat orang pasien COVID-19 di Kota Denpasar, Bali dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi di Denpasar, Rabu, membenarkan informasi adanya empat orang pasien COVID-19 di Kota Denpasar yang sembuh.

Ia mengatakan pasien yang sembuh berdomisili di Desa Sumerta Kelod, Desa Dangin Puri Kaja, Desa Dauh Puri Klod, dan Desa Padangsambian Klod.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Malut bertambah empat orang

"Kami sudah mendapatkan laporan bahwa empat pasien yang sebelumnya menjalani perawatan kini sudah sembuh, namun juga terjadi penambahan kasus positif COVID-19 baru akibat transmisi lokal sebanyak dua orang, kasus OTG juga bertambah 19 orang," ucapnya.

Dewa Rai mengingatkan bahwa kasus COVID-19 di Kota Denpasar menunjukkan angka tren peningkatan. Selain kasus positif, keberadaan Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil penelusuran (tracking) Tim Gugus Tugas COVID-19 bersama desa dan lurah masih menjadi ancaman penularan baru, untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan.

Dengan bertambahnya kasus positif serta masih adanya orang yang berstatus OTG, ODP dan PDP masyarakat harus lebih waspada dan mengikuti arahan pemerintah serta protokol kesehatan.

"Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai COVID-19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar COVID- 19, mari bersama sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain," kata Dewa Rai mewanti wanti.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 jadi 6.057 orang dari total 23.851 kasus

Lebih lanjut dijelaskan Dewa Rai, angka kasus kumulatif covid 19 di Kota Denpasar sebanyak 83 kasus positif. Rincianya adalah 61 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 20 orang masih dalam perawatan.

Sampai saat ini hasil penelusuran tim gugus tugas di Kota Denpasar secara kumulatif terdapat status Orang Tanpa Gejala (OTG) 543 kasus, namun 320 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 223 OTG.

Begitu juga Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 307 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 250, sehingga masih tersisa 57 ODP. Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 62 kasus, namun 22 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani swab test, sehingga tersisa 40 yang berstatus PDP.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Lampung menjadi 48 orang
Baca juga: Pasien COVID-19 di Banjarnegara yang sembuh berjumlah 22 orang
Baca juga: Wilayah penerapan tatanan normal baru akan diperluas

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020