Relawan Salurkan Makanan untuk Korban Banjir Samarinda

Relawan Salurkan Makanan untuk Korban Banjir Samarinda

Suasana pembagian nasi kotak bantuan Ikapakarti Samarinda ke kawasan Pemuda Dalam (ist)

Samarinda (ANTARA) - Sejumlah relawan dari berbagai komunitas hingga hari ke-lima banjir pada beberapa kawasan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, masih menyalurkan bantuan makanan siap saji, vitamin, dan air mineral yang berasal dari donatur baik perorangan maupun kelompok.

"Ada beberapa donatur yang bantuannya sudah kami salurkan sejak beberapa hari lalu, terutama di Kelurahan Gunung Lingai. Sedangkan hari ini kami menyalurkan bantuan dari Ikapakarti Samarinda," ujar Misman, salah seorang relawan penanganan banjir di Samarinda, Rabu.

Misman yang juga Ketua Gerakan Memungut Sehelai Sampah di Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM) Samarinda ini melanjutkan, bantuan dari Ikapakarti (Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi) yang diserahkan hari ini berupa 400 nasi kotak plus air mineralnya.

Baca juga: PMI Pusat kirim bantuan logistik untuk korban banjir Samarinda Kaltim

Sementara Iyau Tupang, salah seorang anggota GMSS-SKM Samarinda yang juga turut membagikan nasi kotak tersebut mengatakan, dari 400 nasi kotak itu, 300 kotak dibagikan untuk korban banjir di kawasan Pemuda, sedangkan yang 100 nasi kotak lainnya dibagikan untuk warga Gunung Lingai.

Ia menuturkan bahwa relawan yang membagikan selain dari GMSS-SKM juga ada relawan dari komunitas lain seperti dari Gemmpar, FPI, Young Jing, Kelompok Pemuda Pecinta Lingkungan Gunung Lingai, dan beberapa perwakilan dari Ikapakarti Samarinda.

"Khusus untuk jatah yang di kawasan Jalan Pemuda, nasi kotak yang kami bagikan tadi untuk warga terdampak banjir di sekitar Posko Banjir GMSS-SKM dan di Gang Masyarakat, kawasan Pemuda Dalam, terutama di sekitar Jembatan Hijau," ucap Iyau.
Suasana pembagian nasi kotak bantuan Ikapakarti Samarinda ke kawasan Pemuda Dalam (ist)


Berdasarkan pantauan, dalam dua hari ini ketinggian air terus menurun. Sedangkan di kawasan Pemuda, banjir sudah surut sekitar 60 cm.

Semua berharap tidak turun hujan lagi dalam waktu dekat, karena jika hujan turun dengan curah tinggi, dikhawatirkan debet air kembali naik.

Baca juga: PMI kerahkan personel dan peralatan untuk tanggulangi banjir Samarinda

Berdasarkan data, jumlah warga yang terdampak banjir mencapai 44.937 jiwa. Mereka tersebar di 5 kecamatan, 11 kelurahan, yang berasal dari 13.706 kepala keluarga (KK).

Sementara Ketua Ikapakarti Kota Samarinda Saefuddin Zuhri mengatakan, bantuan ini diharapkan mampu memperingan beban warga yang terdampak banjir. Ia pun berharap banjir segera surut. ***2***

Baca juga: Banjir di Samarinda mulai surut
Pewarta : M.Ghofar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020