Jakarta (ANTARA) - Pekan lalu Facebook meluncurkan fitur Messenger Rooms secara global di tengah meningkatnya penggunaan panggilan video, kini salah satu aplikasi Facebook, Instagram juga mendukung Messenger Rooms yang memungkinkan percakapan video hingga 50 orang.

"Mulai hari ini, Anda dapat membuat @messenger Rooms di Instagram dan mengundang siapa saja untuk bergabung," cuit @Instagram, Jumat (22/5).

Untuk memulai obrolan video dengan di Instagram, langkah pertama adalah buka pesan langsung (Direct Message/DM), kemudian ketuk ikon obrolan video, lalu pilih opsi "Create a Room."

Selanjutnya, pilih teman yang akan dikirimi undangan untuk melakukan obrolan video, lalu salin tautan Room, dan bagikan dengan lebih banyak orang, atau bergabung dengan Room baru untuk memulai obrolan video.

Baca juga: Facebook luncurkan fitur belanja, termasuk di Instagram dan Whatsapp

Baca juga: Instagram fokus kampanye kesehatan mental jelang Lebaran


Meskipun seluruh pengaturan untuk memulai panggilan video terjadi pada aplikasi Instagram, ketika percakapan video dimulai, pengguna akan dialihkan ke aplikasi Facebook Messenger.

Awal pekan ini, dikutip dari Phone Arena, Instagram juga memperkelankan Panduan, fitur baru yang memungkinkan akun terpilih untuk menerbitkan panduan, yang mirip dengan artikel konvensional.

Panduan pertama yang tersedia di platform tersebut dibuat dengan fokus untuk membantu meningkatkan kesejahteraan pengguna. Sebagai contoh, American Foundation for Suicide Prevention kini memiliki dua Panduan di akun Instagramnya, yakni tentang kesehatan mental dan "Kesehatan Mental & COVID-19."

Sementara itu, awal pekan ini, Instagram Indonesia fokus mengkampanyekan isu kesehatan mental untuk membantu pengguna beradaptasi dengan keadaan baru selama pandemi COVID-19.

Sebelumnya, pada pertengahan April, Instagram fokus mendukung usaha kecil selama pandemi dengan membuat akun mereka lebih mudah ditemukan dengan stiker untuk meningkatkan interaksi mereka dengan pembeli.

Baca juga: Instagram Lite tutup, Facebook siapkan pengganti

Baca juga: Facebook akuisisi Giphy, integrasikan ke Instagram

Baca juga: Instagram luncurkan fitur dukung UMKM lokal

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020