Jakarta (ANTARA) - Dompet digital DANA bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa untuk membantu memudahkan masyarakat menunaikan kewajiban membayar zakat di masa pandemi saat ini.

"Pembayaran dan penyaluran zakat yang terintegrasi secara digital bukan saja lebih aman, efektif dan efisien, tapi juga menjadi solusi untuk menghindari kerumunan di saat pandemi COVID-19. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah agar masyarakat melakukan pembayaran zakat secara online melalui lembaga amil zakat yang resmi dan profesional selama pandemi," ujar CEO dan pendiri DANA, Vincent Iswara dalam keterangan tertulis, Jumat.

Melalui fitur pembayaran zakat yang ada di aplikasi DANA, pengguna bisa menunaikan kewajibannya membayar zakat yang selanjutnya akan disalurkan oleh Baznas maupun Dompet Dhuafa kepada mereka yang berhak.

Baca juga: Zakat online tren di anak muda

Baca juga: Lazismu luncurkan media amal daring


Untuk metode pembayaran melalui melalui Baznas, pengguna tinggal membuka aplikasi dompet digital DANA. Kemudian klik tombol "Scan/Pay/Bayar."

Setelah itu pindai QRIS Zakat Baznas. Lalu masukkan nominal zakat dan lanjutkan pembayaran. Selanjutnya pengguna bisa melakukan konfirmasi untuk mendapatkan bukti setor melalui Contact Center BAZNAS atau situs resmi layananmuzaki@baznas.go.id.

Pengguna juga dapat melakukan pembayaran zakat lewat Dompet Dhuafa, yakni dengan mengeklik fitur Dompet Dhuafa di laman utama aplikasi DANA, tepatnya di bagian Donasi. Kemudian, pilih jenis zakat yang hendak dibayar, zakat fitrah atau zakat profesi.

Untuk zakat fitrah, masukkan nama dan jumlah tanggungan. Sementara untuk zakat profesi, masukkan nominal yang akan dibayarkan. Pilih metode pembayaran dan masukkan PIN DANA lalu tekan tombol membayar.

"Dengan kemudahan dan keamanan yang dihadirkan, zakat digital juga akan mendorong lebih banyak masyarakat membayar zakatnya ataupun bersedekah dan berinfak. Digitalisasi zakat merupakan salah satu program yang didorong pemerintah dan tren donasi digital terus berkembang beberapa tahun terakhir," ujar Vincent.

Baca juga: Transaksi DANA naik sejak pandemi

Baca juga: ShopeePay dukung pembayaran zakat secara online

Baca juga: Lima aplikasi untuk bayar zakat online

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020