Jakarta (ANTARA) - Volkswagen (VW) menerapkan model penjualan baru untuk mobil listrik keluarga ID, yang bisa dibeli pelanggan langsung dari Volkswagen, sementara diler hanya menyediakan pelayanan bersifat lokal.

Baca juga: VW akan buat mobil listrik murah untuk Eropa dan Asia

Model baru penjualan ini sudah disetujui dan ditandatangani bersama mitra ritel Volkswagen belum lama ini bersamaan dengan peluncuran dimulainya penjualan ID.3.

Dengan model penjualan baru, pelanggan VW dimudahkan karena bisa dengan mudah beralih di antara saluran online dan offline serta memesan mobil langsung ke Volkswagen, sedangkan diler pilihan mereka tetap menjadi kontak lokal mereka.

Diler diasumsikan berperan sebagai agen di bawah model baru itu dan menerima komisi dari Volkswagen untuk layanan ini.

Mereka menangani balik nama, konsultasi penjualan, mengatur test drive, pemrosesan transaksi dan penyerahan kendaraan berkoordinasi dengan Volkswagen. Diler yang dipilih oleh pelanggan pada awal proses penjualan menerima komisi dan bonus yang sama seperti dalam bisnis showroom, bahkan jika kendaraan dibeli secara online langsung dari Volkswagen.

Volkswagen memutuskan harga kendaraan, sehingga menghilangkan negosiasi harga yang rumit. Oleh karena itu diler dapat mengandalkan kompensasi yang dapat dihitung terlepas dari apakah pelanggan membeli kendaraan mereka secara online atau di ruang pamer.

"Semua mitra kami sekarang 100 persen bergabung. Persetujuan luas dari mitra ritel kami untuk model agensi merupakan sinyal kuat untuk masa depan," kata Kepala Penjualan dan Pemasaran Jerman di Volkswagen, Holger B Santel, dikutip dari pernyataan resmi, Jumat.

"Dari perspektif pelanggan, Volkswagen dan ritel menjadi satu unit dengan model agensi. Dan pengalaman berbelanja yang mudah dan terkoordinasi ini di semua titik kontak adalah persis yang diinginkan pelanggan kami."

Volkswagen juga bertanggung jawab atas pembiayaan kendaraan dan menanggung risiko pengembalian dan nilai sisa. “Diler tidak perlu lagi membiayai kendaraan di muka. Kami juga menanggung biaya persediaan dan biaya yang terkait dengan kendaraan showroom," jelas Santel.

Dirk Weddigen von Knapp, Ketua asosiasi mitra Volkswagen dan Audi, mengatakan: "Model agensi membawa pertolongan finansial yang signifikan bagi para diler, dan itu sangat penting pada saat ini."

Model baru penjualan ini juga sebagai respons Volkswagen terhadap meningkatnya permintaan pelanggan untuk terlayani secara online.

"Thunder", sistem TI baru, sedang dikembangkan VW dan akan debut di diler bersama peluncuran penjualan keluarga ID. Proses konfigurasi juga disederhanakan, hanya dibutuhkan sepuluh klik untuk mengonfigurasi seluruh kendaraan.


Baca juga: VW akan menjadi perusahaan digital

Baca juga: ENYAQ, nama SUV listrik pertama Skoda

Baca juga: VW berencana produksi SUV listrik ID Ruggdzz
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020