Terjadi penurunan arus lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta akibat pelaksanaan pengendalian transportasi
Karawang (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 82.971 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Tol Jakarta-Cikampek menuju Tol Trans Jawa dan Cipularang selama H-7 sampai H-5 Lebaran 2020.

Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam siaran pers-nya yang diterima di Karawang, Rabu, mengatakan kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek meninggalkan Jakarta itu turun 74 persen dibandingkan Lebaran 2019.

Baca juga: Jasa Marga catat penurunan arus lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek

"Terjadi penurunan arus lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta akibat pelaksanaan pengendalian transportasi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Baca juga: 1.181 kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dipaksa putar balik

Ia menyampaikan, rinciannya ialah, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama I sebanyak 46.584 kendaraan atau turun sebesar 79 persen dari Lebaran  2019.

Kemudian kendaraan yang meninggalkan Jakarta melintasi Gerbang Tol Kalihurip Utama 1 sebanyak 36.387 kendaraan atau turun sebesar 60 persen dari Lebaran tahun 2019.

Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar di hari pertama larangan mudik

Jadi total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 82.971 kendaraan atau turun sebesar 74 persen dari Lebaran 2019.

Pihaknya mengimbau pengguna jalan tol berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan COVID-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik pada Lebaran 2020.

Sementara itu, pantauan di Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Cikampek dan sekitarnya pada Rabu ini ramai lancar. Tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas. Termasuk kondisi sejumlah tempat istirahat di sepanjang jalan tol itu cukup lengang. 

Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek Elevated telah ditutup

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020