jumlah kendaraan roda 4/lebih jenis truk pada Minggu (17/5) atau H-7 hingga Senin (18/5) pagi atau H-6 Lebaran 2020 tercatat 1.917 unit atau naik 61 persen dibandingkan periode yang sama pada  2019.
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat trafik angkutan logistik dari Sumatera ke Jawa melalui lintasan Bakauheni - Merak menunjukkan peningkatan signifikan.

Data posko Cabang Bakauheni, jumlah kendaraan roda 4/lebih jenis truk pada Minggu (17/5) atau H-7 hingga Senin (18/5) pagi atau H-6 Lebaran 2020 tercatat 1.917 unit atau naik 61 persen dibandingkan periode yang sama pada  2019.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, memprediksikan menjelang Hari Raya Idul Fitri tren angkutan logistik terus mengalami kenaikan, khususnya dari Sumatera ke Jawa menyusul permintaan kebutuhan bahan pokok yang meningkat.

Baca juga: Hanya layani logistik, ASDP kembali tutup layanan penumpang

Ia mengatakan fokus ASDP saat ini menjaga agar penyeberangan logistik tetap berjalan lancar sehingga mobilisasi pasokan logistik ke seluruh Indonesia.

Hal ini selain telah diatur dalam Permenhub 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, ASDP berkomitmen untuk tetap menjaga pasokan kebutuhan pokok di daerah sesuai arahan Presiden RI.

ASDP juga untuk sementara menyetop layanan penyeberangan penumpang dan hanya membuka layanan logistik menyusul larangan pemerintah untuk menunda perjalanan mudik dengan kapal feri dan masyarakat tetap berada di rumah demi menekan penyebaran Covid-19 lebih meluas lagi.

"Kami tegaskan lagi, ASDP hanya melayani angkutan logistik. Untuk pejalan kaki, sepeda motor, dan mobil pribadi dilarang menyeberang untuk sementara ini," kata Imelda Alini.

Baca juga: Siasati masa sulit COVID-19, ASDP potong investasi Rp500 miliar

Sesuai dengan Permenhub 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, ASDP hanya membuka layanan bagi angkutan logistik dengan penjualan tiket melalui www.ferizy.com.

Penjualan tiket bagi penumpang pejalan kaki, dan kendaraan golongan I - IVA, VA dan VIA ditutup sementara.

Penghentian sementara penjualan tiket ini telah dilakukan sejak 28 April 2020 dan akan diperbarui terus sesuai dengan keputusan pemerintah.

Mulai 1 Mei, reservasi atau pembelian tiket feri wajib dilakukan secara online melalui www.ferizy.com (no go show di pelabuhan), khususnya empat pelabuhan utama yang Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020