Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" bertujuan untuk membantu para seniman dan para pekerja seni serta kelompok masyarakat lainnya terdampak COVID-19

Bambang Soesatyo di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa konser virtual tersebut disiarkan secara langsung dari studio TVRI, Minggu (17/5) pukul 19.30—22.00 WIB. Konser ini akan di-relay oleh stasiun televisi swasta di Indonesia, yaitu INews, NetTV, Metro TV, OChannel, SCTV, Indosiar, dan ANTV.

Mulai dari seniman, tokoh bangsa, hingga pemimpin negara, kata Bamsoet, akan ikut bernyanyi bersama dalam konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" dari tempat mereka masing-masing.

"Dalam konser virtual nanti, kita galang donasi dari Presiden dan pejabat lainnya serta masyarakat sebagai bentuk gotong royong untuk para seniman dan para pekerja seni, para petani, dan para peternak dalam kelompok-kelompok masyarakat lainnya yang terdampak pandemi COVID-19," kata mantan Ketua DPR itu.

Selain Bimbo, para penyanyi kenamaan juga akan sumbang suara, antara lain Judika, Rosa, dan Via Vallen. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sejumlah pejabat negara, dan tokoh bangsa juga akan turut berpartisipasi.

Baca juga: TVRI gelar konser virtual bersama Bimbo hari ini

Tidak ketingggalan, presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti, Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, dan Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus akan berpartisipasi juga.

Begitu pula, Ketua BPK Agung Firman, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, Jaksa Agung Burhanuddin, Kapala BNPB Doni Monardo, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dan Menteri Parekraf Whisnutama akan ikut bernyanyi dari tempatnya masing-masing.

Dukungan para pejabat negara, kata dia, menunjukkan bahwa kekompakan, sikap solid, dan negara tak melupakan para seniman dan pekerja seni, para petani dan para peternak, guru mengaji dan marbut masjid, serta kelompok masyarakat lainnya yang terdampak COVID-19.

"Konser ini memperkuat solidaritas para pemimpin dan kehadiran negara dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19. Memang konser belum bisa membantu seluruh kalangan seniman. Namun, setidaknya bisa menjadi penggerak solidaritas bagi pihak lain yang ingin melakukan hal serupa," ucapnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia itu menjelaskan bahwa konser virtual itu hasil kerja sama MPR RI, BPIP, dan BNPB. Hal itu merupakan bagian dari rangkaian acara MPR RI Peduli Lawan COVID-19.

Wujud peran MPR RI sebagai rumah kebangsaan yang merekatkan para pemimpin negara dan menggelorakan semangat gotong royong membantu sesama warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Presiden apresiasi Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia

Baca juga: Ketua MPR ajak masyarakat saksikan konser virtual berbagi kasih


Sebelumnya, MPR RI juga sudah menyalurkan bantuan sosial membantu para pengemudi pengojek daring, wartawan, sopir taksi, angkutan umum, pemulung, kebun binatang, hingga penggali kubur maupun kalangan pekerja informal, APD para dokter, medis, bantuan alat kesehatan kepada berbagai rumah sakit, puskesmas, dan lain-lain.

"Kali ini kami pilih media konser musik secara virtual mengingat lagu punya daya magis yang luar biasa dalam menenangkan jiwa. Rasanya berbagai kalangan dari mulai baby boomer hingga milenial, generasi X dan Y, mengenal dengan baik grup musik Bimbo," ujarnya.

Lantunan lagu religius yang mereka dendangkan, menurut dia, sangat menyejukan.

Bambang Soesatyo berharap konser virtual tersebut bisa memberi sedikit oase dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020