Layanan kebutuhan pokok ini sangat penting agar masyarakat terpenuhi kebutuhan konsumsinya di tengah pandemi COVID-19
Makassar (ANTARA) - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Bitung mengaktifkan layanan bongkar muat barang di Pelabuhan Bitung untuk memenuhi kebutuhan logistik masyarakat di Sulawesi Utara dan sekitarnya saat pandemi COVID-19.

"Walaupun beberapa wilayah di Sulut juga ditetapkan sebagai zona merah pandemi COVID-19, namun kami tak pernah berhenti untuk melakukan pelayanan bongkar muat barang di pelabuhan," kata GM Pelindo IV Cabang Bitung, Dameanto M Pangaribuan pada keterangan persnya di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, meskipun aktivitas tetap berjalan optimal, namun jajarannya tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para petugas operasional di lapangan, bekerja sama dengan instansi terkait di pelabuhan seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Menurut dia, para petugas operasional yang selalu melakukan aktivitas di lapangan selalu diwajibkan untuk menggunakan masker, sarung tangan dan berbagai alat pelindung diri (APD) lainnya.

Sebagai salah satu pelabuhan kelolaan Pelindo IV yang cukup ramai, lanjut Dameanto, Pelabuhan Bitung juga cukup padat melayani bongkar muat barang, terutama dari kapal-kapal domestik yang mengangkut sejumlah logistik untuk kebutuhan masyarakat di provinsi paling ujung di Pulau Sulawesi ini.

Sebagai gambaran, pada Jumat (15/5), pihaknya baru saja melakukan pelayanan jasa kepelabuhanan terhadap KM Meratus Wakatobi yang sandar di dermaga Terminal Petikemas Bitung (TPB).

Sebelumnya, kapal yang melakukan aktivitas bongkar muat sebanyak 482 box kontainer ini berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kapal tersebut mengangkut berbagai barang kebutuhan pokok masyarakat yang tentunya semakin dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 ini.

"Layanan kebutuhan pokok ini sangat penting agar masyarakat terpenuhi kebutuhan konsumsinya di tengah pandemi COVID-19" katanya.


Baca juga: Pelindo IV optimalkan layanan logistik di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Pelindo IV berlakukan 17 jam kerja sejak adanya wabah COVID-19

Baca juga: Pelindo IV siapkan 3 pelabuhan untuk ekspor langsung ke luar negeri

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020