Bantuan di sektor kesehatan adalah prioritas Cargill untuk mendukung para staf medis yang melayani masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Cargill melalui perusahaan kelapa sawit PT Hindoli memberikan bantuan satu unit mobil ambulans lengkap dengan peralatan medis untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Musi Banyuasin dalam penanggulangan pandemi COVID-19.

Selain mobil ambulans, perusahaan juga menyumbangkan hampir 900 peralatan uji cepat atau rapid test kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin, Sumatera Selatan, serta beberapa puskesmas di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

CEO Cargill Tropical Palm Richard Low melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya memprioritaskan bantuan kesehatan karena rumah sakit dan para staf medis berada di garis depan dalam penanganan COVID-19.

"Bantuan di sektor kesehatan adalah prioritas Cargill untuk mendukung para staf medis yang melayani masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Toyota Indonesia serahkan bantuan untuk tenaga medis lewat PMI

Ketua PMI Musi Banyuasin Beni Hernedi mengatakan bantuan mobil ambulans untuk PMI terebut sangatlah berguna karena meningkatkan jumlah armada kesehatan yang sangat dibutuhkan selama penanganan pandemi COVID-19 dan juga membantu kegiatan PMI Musi Banyuasin untuk mendukung tugas-tugas kemanusiaan.

Sebelumnya, Cargill telah memberikan dukungan bagi  warga di wilayah-wilayah tersebut dengan mengimplementasikan program-program peningkatan kesadaran masyarakat tentang Virus Corona melalui materi pendidikan dan kegiatan disinfeksi.

Selain itu menyediakan peralatan Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan medis untuk puskesmas, RSUD, Dinas Kesehatan serta Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, di samping distribusi alat-alat kesehatan kepada masyarakat seperti masker kain, mesin penyemprotan desinfektan, hand sanitizer, termometer digital dan bahan kebutuhan pokok.

Bantuan ini disalurkan untuk 11 desa pada enam kecamatan di Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin dan 40 desa di enam kecamatan di Kabupaten Ketapang.

Baca juga: Indonesia terima Rp1,2 T dari dunia internasional tanggulangi COVID-19

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020