Bantuan VTM tersebut kami berikan kepada Dinkes Kalbar untuk penanganan kasus COVID-19
Pontianak (ANTARA) - PT Pertamina melalui Marketing Branch Kalimantan Barat (Kalbar) memberikan bantuan VTM (virus transport media) senilai Rp200 juta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar dalam penanganan COVID-19 di provinsi ini.

"Bantuan VTM tersebut kami berikan kepada Dinkes Kalbar untuk penanganan kasus COVID-19 di Kalbar," ujar Sales Area Manager Pertamina Kalbar Weddy Surya Windrawan, di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, bantuan alat pelindung diri (APD) dan termasuk VTM kepada Dinkes Kalbar tersebut sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap kondisi sekarang, yakni pandemi COVID-19 yang sudah menjadi masalah nasional bahkan dunia.

Pertamina memberikan bantuan sebagai bentuk perhatian, baik itu kepada para tenaga medis dalam bentuk APD, dan kepada masyarakat terdampak COVID-19 dalam bentuk bantuan paket sembako.

"Kami berharap dengan bantuan tersebut, dapat membantu tenaga medis dalam menjalankan tugasnya, dan juga meringankan beban masyarakat dampak dari pandemi COVID-19," ujarnya lagi.
Baca juga: Elpiji dapur umum Gugus Tugas COVID-19 Babel dibantu Pertamina


Dia menambahkan, bantuan APD dan VTM tersebut diberikan, setelah pihaknya berkoordinasi dengan Dinkes Kalbar dan kabupaten/kota lainnya.

"Nah, kebetulan Dinkes Kalbar membutuhkan VTM, sehingga diberikanlah bantuan tersebut dalam menangani pandemi COVID-19 di Kalbar ini," kata Weddy.

Selain memberikan bantuan kepada Dinkes Kalbar berupa 1.200 VTM senilai Rp200 juta, sebelumnya Pertamina secara serentak 19 Maret 2020, juga telah memberikan bantuan, di antaranya kepada pihak RSUD Soedarso Pontianak yakni sebanyak 10 hazmat, 10 liter hand sanitizer, dan 3 boks sarung tangan media.

Bantuan ke RSUD Agoesdjam Ketapang juga diberikan yakni 10 hazmat, 15 liter hand sanitizer, 3 boks sarung tangan medis, 1 unit wastafel, 23 boks masker, 16 set APD, kemudian 100 pcs masker kain, dan 30 paket sembako.

Bantuan lainnya juga diberikan kepada Pemkab Sambas, di antaranya 10 hazmat, 15 liter hand sanitizer, 3 boks sarung tangan media.

Sebelumnya, Pertamina juga telah memberikan bantuan kepada Dinkes Kalbar, 13 Maret 2020, yakni sebanyak 50 pcs hazmat, 20 masker medis, dan 10 boks sarungan tangan medis.

Pertamina juga menggandeng IMI dalam memberikan bantuan pada Dinkes Sintang, yakni sebanyak 10 hazmat, 4 boks sarung tangan medis, 10 safety google, dan 3 tabung 5,5 kilogram. 
Baca juga: Pertamina sumbang ratusan APD dan elpiji untuk tenaga medis Riau


Pertamina juga menggandeng menggandeng IMI dalam memberikan bantuan untuk Persatuan Orang Melayu Kabupaten Sintang, di antaranya 10 dus mi instan, 5 dus minyak goreng, 10 karung beras.

Kepala Dinkes Kalbar Harisson menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan berbagai APD dan termasuk VTM kepada pihaknya dalam penanganan pandemi COVID-19 di Kalbar.

"Saya menyampaikan penghargaan kepada Pertamina yang sudah peduli dengan penanganan COVID-19 di Kalbar. Dan saya berharap agar Pertamina dan BUMN lain dapat terus memberikan bantuan kepada masyarakat Kalbar," ujarnya.

Dia menjelaskan, VTM sangat dibutuhkan sebagai tempat menyimpan hasil swab nasoorofaring pasien untuk kemudian diserahkan ke laboratorium PCR yang akan memeriksanya.

Pewarta: Andilala
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020