Kamis (30/4) cair uangnya dan Jumat paling lambat sudah bisa disalurkan kepada yang berhak menerima
Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menyiapkan anggaran Rp7 miliar dari Dana Desa untuk tahap pertama penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) ke 121 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muh Asrul pada rapat teknis pendistribusian bantuan sosial bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Gowa, di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Rabu, mengatakan, pada penyaluran tahap pertama ini pihaknya menyiapkan Rp7 miliar.

Baca juga: Uji coba PSBB di Gowa polisi razia 13 titik perbatasan

"Penyaluran meliputi 121 desa di wilayah dataran tinggi maupun dataran rendah," ujarnya.

Ia mengatakan anggaran Rp7 miliar berasal dari pengurangan anggaran di setiap desa.

BLT Dana Desa ini akan diperuntukkan kepada 11.666 kepala keluarga (KK) yang memenuhi syarat dan terkategori sebagai warga kurang mampu atau rentan.

"Insya Allah, Kamis (30/4) cair uangnya dan Jumat paling lambat sudah bisa disalurkan kepada yang berhak menerima sesuai dengan Peraturan Kepala Desa," katanya.

Baca juga: Gowa tunda penerapan PSBB sebelum sembako terdistribusi merata

Untuk saat ini data penerima sekitar 11.666 KK, hanya saja masih akan dilakukan penambahan ataupun pengurangan sesuai dengan peraturan yang sudah dibuat oleh desa.

Perubahan data dianggap bisa dilakukan jika masih ada data di lapangan yang dobel atau bahkan masih ada warga yang terkategori tapi belum dimasukkan.

Selain BLT Dana Desa, lanjut Hasrul, pemerintah daerah juga akan menyiapkan bantuan paket sembako di setiap desa untuk mengantisipasi jika ada yang belum terdata.

Baca juga: Kabupaten Gowa akan terapkan PSBB pada 29 April

"Ada 100 paket sembako yang kita siapkan di setiap desa sebagai upaya pencegahan dampak COVID-19. Ini juga untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni yang memimpin rapat tersebut berharap penyaluran bantuan kepada masyarakat terdistribusi dengan baik agar pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa juga berjalan dengan baik.

"Kerja sama antara polsek, koramil, camat dan jajaran ke bawah harus dilakukan agar pendistribusian bantuan ini berjalan dengan baik. Mari kita bantu bapak bupati dengan keikhlasan dan ketulusan sehingga PSBB ini berjalan dengan baik, lancar dan pandemi dapat cepat berakhir," ucapnya.

Baca juga: Kemenkes setujui penerapan PSBB di Kabupaten Gowa

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020