Polres Jakpus libatkan napi asimilasi bagikan bansos di Sawah Besar

Polres Jakpus libatkan napi asimilasi bagikan bansos di Sawah Besar

Eks narapidana memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di kelurahan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020) (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Pusat melibatkan empat narapidana yang sedang menjalani  asimilasi untuk membagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Kelurahan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

"Kami ingin menunjukkan, bahwa asimilasi yang diberikan Kemenkumham RI ini, tidak salah. Hanya beberapa saja yang melakukan kejahatan, tetapi dari segitu banyak, kami dapat mengumpulkan dan kami ajak mereka untuk mencegah COVID-19," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto di sela-sela kegiatan pembagian bantuan sosial bersama narapidana  ke rumah-rumah warga di Kelurahan Sawah Besar, Rabu.

Heru mengatakan ini adalah program pertama di ibu kota yang melibatkan langsung para narapidana untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Bagi Heru ini adalah kegiatan positif yang dapat menunjukkan bahwa para narapidana itu nantinya dapat kembali menjadi warga yang baik dan dapat berkontribusi baik di masyarakat.

Baca juga: Pelaku jambret di mikrolet di Tanjung Priok napi asimilasi

Baca juga: Kapolda perintahkan anggotanya awasi pergerakan narapidana asimilasi

Baca juga: Kabareskrim minta jajaran tidak ragu menindak pelaku street crime


"Ini menurut saya bentuk kegiatan yang positif. Kami percaya mereka bahwa dapat menjadi warga yang baik," kata Heru.

Selain membagikan sembako ke rumah-rumah warga, nantinya para narapidana itu akan dijadikan petugas patroli di lingkungannya oleh Polres Metro Jakarta Pusat agar dapat menegur masyarakat yang tidak menaati aturan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Berdasarkan data yang dihimpun  Polres Jakarta Pusat, sekitar 25 orang  narapidana yang berada di wilayahnya sedang menjalani asimilasi.

Nantinya tidak hanya di Sawah Besar, polsek di Jakarta Pusat juga menjaring hingga membina para  narapidana di wilayahnya agar dapat berkontribusi bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Mereka akan kami jadikan agen, kami kelola menjadi kekuatan kami untuk membantu kepolisian," ujar Heru.

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020