tidak semuanya adalah warga Sulsel
Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr Ichsan Mustari mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan swab pada 109 penumpang dan kru KM Lambelu yang berlabuh di Pelabuhan Makassar, ditemukan 66 orang diantaranya yang positif COVID-19.

"Setelah dilakukan pemeriksaan swab pada 12 - 16 April 2020 dari 109 orang yang diperiksa, terdapat 66 orang yang positif," kata Ichsan pada telekonferensi yang digelar di Makassar, Jumat malam.

Berdasarkan data dari Kemenkes dan Gugus Tugas pusat, akumulasi positif COVID-19 di Sulsel sudah mencapai 332 kasus. Jumlah tersebut mengalahkan dua provinsi di Jawa yakni Jawa Tengah sebanyak 304 kasus dan Banten 311 kasus.

Melejitnya angka positif COVID-19 tersebut, kata Ichsan, karena data positif COVID-19 dari KM Lambelu juga dimasukkan ke data Sulsel. "Padahal tidak semuanya adalah warga Sulsel," katanya.

Baca juga: Pemkab siapkan gedung karantina untuk 233 penumpang KM Lambelu
Baca juga: Penumpang KM Lambelu asal Sikka terindikasi COVID-19 sudah diisolasi
Baca juga: Penyebaran COVID-19 di Makassar melalui trasmisi lokal


Sementara berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel diketahui, terdapat 43 orang pasien yang sudah sembuh dan 23 orang meninggal dunia. Dari jumlah yang meninggal, sebagian besar dipicu oleh penyakit bawaan,sehingga terinfeksi virus corona jenis baru itu.

Sebelumnya PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) melakukan portstay terhadap KM Lambelu saat tiba di Pelabuhan Makassar pada Rabu (8/4) malam.

Langkah tersebut diambil untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi nakhoda dan petugas kapal, juga karena beberapa rute yang dilalui kapal ini tidak disinggahi, karena adanya penutupan wilayah dari pemerintah setempat.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak PT Pelni bekerja sama dengan KKP dan Dinas Kesehatan setempat melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk pelaksanaan rapid test bagi nakhoda dan seluruh petugas kapal.

Baca juga: Gubernur Sulsel fokus penerapan PSBB di Makassar
Baca juga: Gubernur Sulsel pastikan kebutuhan pangan aman tiga bulan ke depan
Baca juga: Pemkab Gowa dukung penerapan PSBB di Makassar

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020